PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pada Kelas II Periode 2001/2002 MTs Yayasan Darul ‘Ulum Purwogondo Pecangaan Jepara Jawa Tengah)

AGUS SISWANTO, NIM. 95473187 (2002) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pada Kelas II Periode 2001/2002 MTs Yayasan Darul ‘Ulum Purwogondo Pecangaan Jepara Jawa Tengah). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Yayasan Darul ‘Ulum merupakan yayasan yang menaungi MTs Darul ‘Ulum, yang didirikan pada tahun 1939. Jika dilihat dari nilai NEM siswa MTs Darul ‘Ulum maka nilai NEM mereka cukup bagus. Hal ini dibuktikan dengan perolehan peringkat ke 13 se-SLTP Jepara periode 2000/2001. Namun demikian prestasi Pendidikan Agama Islam, baik dalam nilai maupun prakteknya masih memprihatinkan. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai Pendidikan Agama Islam dan kurangnya praktek keagamaan siswa. Dari latar belakang di atas, penulis ingin mengetahui tentang gambaran yang jelas dan rinci mengenai usaha-usaha yang telah dan sedang ditempuh dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs Darul ‘Ulum Purwogondo, Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil yang dicapai oleh yayasan dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs Darul ‘Ulum Purwogondo, Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian analisis kwantitatif dan kwalitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebar angket terhadap 90 siswa, observasi, interview terhadap informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, staf TU, dan siswa. Dokumentasi juga dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak upaya yang sudah dilakukan oleh yayasan Darul ‘Ulum dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam, yaitu: 1) mengadakan KKGBSJ (Kelompok Kerja Guru Bidang Studi Sejenis), 2) peningkatan kedisiplinan baik pendidik maupun peserta didik dengan kedisiplinan waktu, 3) mengadakan bimbingan belajar langsung bahasa Arab, 4) mengadakan test khusus membaca al Qur’an bagi siswa baru, 5) langsung mempraktekkan materi pelajaran, 6) penerapan metode yang lebih tepat dan efektif, 7) peningkatan evaluasi bagi peserta didik. Upaya –upaya tersebut ternyata mampu menaikkan mutu meskipun tidak terlalu signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Pendidikan Agama Islam yang dicapai kelas II periode 2000/2001 adalah 6,46, sedangkan pada periode 2001/2002 di kelas II nilainya 6,84.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai, ahlak, pendidikan agama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Apr 2014 09:41
Last Modified: 01 Sep 2016 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum