MADRASAH ALIYAH PASCA UU RI NO.2 TAHUN 1989 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSTRUKSI KURIKULUM PENGAJARAN BAHASA ARAB

ARIFIN, NIM. 98423755 (2002) MADRASAH ALIYAH PASCA UU RI NO.2 TAHUN 1989 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSTRUKSI KURIKULUM PENGAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I. V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya, madrasah terpilih sebagai wahana pendidikan putra-putri kelompok santri. Hal ini terdorong oleh komitmen keagamaan yang kuat. Agar ajaran Islam yang terdapat dalam al Qur’an dapat dipahami dengan baik maka bahasa Arab harus dikuasai dengan baik. Dalam kenyataannya bahasa Arab tampaknya masih asing bagi masyarakat Indonesia. Tarik menariknya antara madrasah sebagai wadah bagi berlangsungnya pendidikan Islam yang dalam seluruh kegiatan pengembangannya bercita-cita untuk menjadikan Islam sebagai basic reference, sementara pasca UUSPN yang disusul lahirnya kurikulum 1994 yang ternyata justru alokasi untuk mata pelajaran agamanya ternyata sangat sedikit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kedudukan, pengertian, visi dan misi serta tujuan Madrasah Aliyah sebagai sub sitem pendidikan nasional. Selain itu untuk menjelaskan bagaimana implikasinya terhadap konstruksi kurikulum pengajaran mata bahasa Arab 1994. Penelitian ini menggunakan penelitian literatur dengan pendekatan rasionalistik. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan metode reflektif dan deskriptif. Setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa pasca UUSPN-1989 Madrasah Aliyah didefinisikan sebagai SMU “berciri khas Islam”. Integrasi Madarasah Aliyah ke dalam sistem pendidikan nasional memberikan kesempatan kepada sekolah untuk berkiprah secara leluasa dalam menggeluti ilmu pengetahuan tanpa mensupremasikan pengetahuan umum di atas pengetahuan agama dan sebaliknya. Integrasi tersebut juga bertujuan untuk membentuk siswa yang tidak hanya canggiih secara intelektual tetapi juga anggun dalam moral. Tujuan pengajaran bahasa Arab di MA tidak hanya member bekal kemampuan membaca dan menulis tetapi bias menggunakannya secara aktif. Dengan demikian materi yang diberikan mencakup pendidikan, agama, social budaya, politik, sejarah dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Apr 2014 10:06
Last Modified: 14 Mar 2017 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum