ARI FENDIANTO, NIM. 09680012 (2013) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 TEMPEL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 TEMPEL)
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksaan proses pembelajaran dengan menerapkan metode Outdoor Study memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar; (2) meningkatkan minat belajar siswa; (3) meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B semester II SMP Negeri 3 Tempel tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan berupa data minat belajar siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data minat belajar siswa diambil dengan angket minat belajar yang diisi oleh siswa. Data hasil belajar kognitif diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II dan ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dari selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Outdoor Study dapat diterapkan pada pembelajaran IPA Biologi materi Ekosistem pada siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tempel tahun pelajaran 2012/2013. Metode Outdoor Study juga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII B semester II SMP Negeri 3 Tempel. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari masingmasing aspek minat yang meliputi aspek ketertarikan meningkat sebesar 1,68%, aspek rasa senang meningkat sebesar 1,55%, aspek kebutuhan meningkat sebesar 1,42%, dan aspek keingintahuan meningkat sebesar 1,16%. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai post-test dari siklus I ke siklus II sebesar 10,65 dengan nilai effect size 0,59.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Satino, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : Outdoor Study, lingkungan sekolah, sumber belajar, ekosistem. |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 25 Apr 2014 09:24 |
Last Modified: | 02 Mar 2016 16:25 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12100 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |