PERANCANGAN RUTE ALTERNATIF PENGANGKUTAN SAMPAH MENGGUNAKAN ALGORITMA SAVINGS (STUDI KASUS : DPU BIDANG KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN UPTD KEBUMEN)

BAGUS SUTRISNO, NIM. 09660003 (2013) PERANCANGAN RUTE ALTERNATIF PENGANGKUTAN SAMPAH MENGGUNAKAN ALGORITMA SAVINGS (STUDI KASUS : DPU BIDANG KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN UPTD KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN RUTE ALTERNATIF PENGANGKUTAN SAMPAH MENGGUNAKAN ALGORITMA SAVINGS (STUDI KASUS : DPU BIDANG KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN UPTD KEBUMEN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN RUTE ALTERNATIF PENGANGKUTAN SAMPAH MENGGUNAKAN ALGORITMA SAVINGS (STUDI KASUS : DPU BIDANG KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN UPTD KEBUMEN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)

Abstract

Penambahan fasilitas dapat meningkatkan prosentase pengangkutan sampah, akan tettapi fasilitas yang ada cenderung menurun dari waktu ke waktu. Oleh karena itu perlu adanya suatu rute yang efektif dalam proses distribusi pengangkutan sampah Dengan pendekatan Vehicle Routing Problem perancangan rute yang alternatif menggunakan algoritma savings yang dikembangkan sesuai dengan kondisi permasalahan yang ada sehingga menghasilkan rute alternatif. Dari hasil perancangan yang dilakukan, dengan menggunakan metode pengelompokkan rute didapat total biaya perjalanan sebesar Rp. 172.716,-. Kemudian untuk metode perhitungan secara keseluruhan, didapatkan total perjalanan sebesar Rp. 170.408,-. Sehingga, rute alternatif yang terbaik yaitu dengan menggunakan pengolahan savings secara keseluruhan dengan total jarak yang ditempuh sejauh 185,9 Km. Untuk bobot jalan, didapatkan rata-rata tingkat pelayanan jalan sebesar 0,45 DS. Proses pengangkutan sampah yang dilakukan sebaiknya memakai sistem rolling sehingga dapat terjadi pemerataan proses pengangkutan sampah secara bergantian antar pengemudi dump truk berdasarkan rute yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Taufiq Aji M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Vehicle Routing Problem, Savings, Rolling
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 09:40
Last Modified: 21 Mar 2016 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum