PERAN SOSIAL KEAGAMAAN TGH. LALU AHMAD KHAIRI ADNAN BAGI MASYARAKAT SEKITAR MAKAM LOANG BALOQ KELURAHAN TANJUNG KARANG, LOMBOK.

MUHAMAD ZULKIFLI, NIM. 09540012 (2013) PERAN SOSIAL KEAGAMAAN TGH. LALU AHMAD KHAIRI ADNAN BAGI MASYARAKAT SEKITAR MAKAM LOANG BALOQ KELURAHAN TANJUNG KARANG, LOMBOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN SOSIAL KEAGAMAAN TGH. LALU AHMAD KHAIRI ADNAN BAGI MASYARAKAT SEKITAR MAKAM LOANG BALOQ KELURAHAN TANJUNG KARANG, LOMBOK. )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN SOSIAL KEAGAMAAN TGH. LALU AHMAD KHAIRI ADNAN BAGI MASYARAKAT SEKITAR MAKAM LOANG BALOQ KELURAHAN TANJUNG KARANG, LOMBOK. )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB)

Abstract

Makam Loang Baloq terletak di Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Madya Mataram. Makam ini menjadi perhatian masyarakat luas karena adanya tiga buah makam yang dikeramatkan oleh masyarakat secara turun temurun. Makam pertama adalah makam dari Maulana Syeh Gaus Abdurrazak yang letaknya persis di bawah sebuah pohon beringin tua yang diperkirakan oleh masyarakat setempat telah berumur ratusan tahun, kemudian makam kedua adalah makam Anak Yatim, sedangkan tidak jauh dari itu terdapat makam ketiga yaitu makam Datuk Laut. Loang Baloq diterjemahkan dalam bahasa Sasak yaitu, Loang artinya lubang dan Baloq artinya pohon beringin jadi Loang Baloq artinya pohon beringin yang berlubang. Masyarakat di sekitar makam Loang Baloq masih percaya dengan tradisi mengikat tali di akar atau ranting pohon beringin yang berada di makam Loang Baloq. Di sini tokoh agama seperti TGH. Lalu Ahmad Khairi Adnan sangat berperan tentang sosial agama bagi masyarakat sekitar makam Loang Baloq. Obyek penelitian penulis adalah masyarakat makam Loang Baloq di Kelurahan Tanjung Karang, permasalahan yang penulis teliti adalah latar belakang munculnya tradisi mengikat tali di akar atau ranting pohon beringin yang berada di makam Loang Baloq, kemudian peran TGH. Lalu Ahmad Khairi Adnan bagi masyarakat sekitar makam Loang Baloq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi masyarakat melakukan tradisi mengikat tali di akar atau ranting pohon beringin, serta mengetahui peran sosial agama TGH. Lalu Ahmad Khairi Adnan bagi masyarakat di sekitar makam Loang Baloq. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka penulis mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi yaitu pengamatan gejala-gejala yang berkaitan dengan penulis teliti, selain itu penulis juga melakukan wawancara dengan berbagai pihak yag bisa memberikan data. Setelah data terkumpul maka akan di olah dan dianalisis secara kritis. Hasil penulis temukan dalam penelitian ini adalah TGH. Lalu Ahmad Khairi Adnan berperan sebagai pembimbing, pedoman, dan mendidik masyarakat agar menjadi masyarakat yang beragama. TGH. Lalu Ahmad Khairi Adnan membuka pengajian di Masjid-masjid dan Mushalla, selain itu beliau juga membuka pengajian secara pribadi di rumah beliau. Usaha yang pernah beliau lakukan membawa dampak positif terhadap masyarakat di sekitar makam Loang Baloq yaitu masyarakat di sekitar makam Loang Baloq jarang melakukan tradisi mengikat tali di akar atau ranting pohon beringin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. Phil. AL MAKIN, MA
Uncontrolled Keywords: TGH. LALU AHMAD KHAIRI ADNAN
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2014 08:35
Last Modified: 21 May 2015 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum