ANALISIS RESIKO INVESTASI DENGAN VALUE AT RISK (VAR) - GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (GARCH) (STUDI KASUS : INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI 2011- JULI 2013)

DIAN HARRY HANGGARA, NIM. 09610003 (2013) ANALISIS RESIKO INVESTASI DENGAN VALUE AT RISK (VAR) - GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (GARCH) (STUDI KASUS : INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI 2011- JULI 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RESIKO INVESTASI DENGAN VALUE AT RISK (VAR) - GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (GARCH) (STUDI KASUS : INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI 2011- JULI 2013))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RESIKO INVESTASI DENGAN VALUE AT RISK (VAR) - GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (GARCH) (STUDI KASUS : INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI 2011- JULI 2013))
BAB II, III, IV, V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan dalam berinvestasi perlu mempertimbangkan dua hal yaitu besarnya resiko dan return yang akan diperoleh. Untuk mengukur besarnya resiko diperlukan suatu alat atau metode agar dapat secara tepat mengukur resiko salah satunya yaitu Value at Risk (VaR) dengan pendekatan Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH). VaR dikenal sebagai alternatif ukuran resiko yang dapat digunakan untuk mengukur resiko pada data yang berdistribusi normal. Penelitian ini membahas tentang analisis resiko investasi dengan VaRGARCH. Dalam analisis VaR-GARCH pada saham syariah langkah-langkah utama adalah menentukan nilai return, menguji kestasioneran data, menguji kenormalan data, menentukan model yang sesuai untuk persamaan mean, menguji ada tidaknya efek ARCH, menentukan model yang sesuai untuk persamaan variansi, menghitung nilai VaR-GARCH, dan menguji validasi VaR-GARCH. Adapun data yang digunakan data indeks saham syariah harian Jakarta Islamic Index (JII) periode Januari 2011 – Juli 2013. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model VaR-GARCH (1,1) adalah model terbaik yang memenuhi asumsi-asumsi pada pemeriksaan diagnosa. Dengan menggunakan model VaR-GARCH (1,1), hasil kemungkinan kerugian yang didapat investor pada tingkat kepercayaan 95% dengan dana yang diinvestasikan sebesar Rp.100.000.000,- pada saham Jakarta Islamic Index (JII) adalah dalam 1 hari ke depan sebesar Rp. 502.229,890, dalam 5 hari ke depan sebesar Rp. 1.123.020,175 dan dalam 20 hari ke depan sebesar Rp. 2.246.040,350.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Moh. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : GARCH, Jakarta Islamic Index (JII), Return, Risk, Time Series, Value at Risk (VaR)
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 10:23
Last Modified: 13 Jan 2016 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum