PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013 (TINJAUAN PADA PENILAIAN ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)

ENY YULIASTI , NIM. 08670018 (2013) PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013 (TINJAUAN PADA PENILAIAN ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013 (TINJAUAN PADA PENILAIAN ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013 (TINJAUAN PADA PENILAIAN ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktikum kimia ditinjau dari penilaian aspek afektif dan psikomotorik peserta didik serta mengetahuai kendala dalam pelaksanaan praktikum kimia. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini antaralain lembar observasi, skala sikap aspek afektif, skala sikap aspek psikomotorik, dan pedoman wawancara. Sakala sikap berbentuk check list menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian diperoleh tiga hasil. Tujuan pertama, pelaksanaan praktikum ditinjau dari aspek afektif menunjukkan bahwa peserta didik memberikan tanggapan sikap suka atau positif terhadap praktikum kimia yang mampu menimbulkan keinginan hati untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak, peserta didik mampu mengevaluasi kemampuan sendiri berdasarkan tindakan atau perilaku terhadap objek yang dianggap baik maupun buruk seh8ingga mampu tertanam perasaan alah atau benar secara jujur. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) kecenderungan sikap peserta didik terhadapa praktikum kimia, (2) kecenderungan hati untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tinggi, (3) evaluasi diri atau kemampuan dalam menilai kelemahan yang dimiliki, (4) keyakinan tindakan atau perilaku terhadap objek sera (5) moral peserta didik berkaitan dengan perasaan benar atau salah. Kedua, pelaksaan praktikum ditinjau dari aspek psikomotorik menunjukkan bahawa peserta didik kurang teliti dalam mempersiapkan alat dan bahan pada saat percobaan. Dalam pelaksanaan praktikum, peserta didik sudah menunjukkan keterampilan yang baik dalam menggunakan alat dan bahan dan mampu menganalisis hasil percobaan serta menyampaikan hasil percobaan dengan baik. Indikator yang digunakan antara lain (1) keterampilan peserta didik dalam persiapan percobaan, (2) ketrampilan pada saat pelaksanaan percobaan, (3) ketrampilan penyampaian hasil percobaan. Ketiga, terdapat beberapa kendala anataralain penilaian aspek afektif dan psikomotorik yang memerlukan waktu tatap muka dalam pembelajaran lebih lama dan instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik yang umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: instrumen lembar observasi, aspek psikomotorik, aspek afektif, praktikum
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 10:34
Last Modified: 22 Feb 2016 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum