STUDI KASUS IMPLEMENTASI KELAS BERGERAK (MOVING CLASS) DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA DI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI SMA NEGERI I PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

IBNU SHOHIB , NIM. 08670069 (2013) STUDI KASUS IMPLEMENTASI KELAS BERGERAK (MOVING CLASS) DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA DI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI SMA NEGERI I PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KASUS IMPLEMENTASI KELAS BERGERAK (MOVING CLASS) DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA DI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI SMA NEGERI I PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STUDI KASUS IMPLEMENTASI KELAS BERGERAK (MOVING CLASS) DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA DI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI SMA NEGERI I PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)

Abstract

bergerak (moving class) dalam pembelajaran kimia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pleret Bantul 2) mengetahui faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pelaksanaan sistem belajar kelas bergerak (moving class) serta penanganannya di SMA Negeri 1 Pleret Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode studi kasus (case studies) mengenai implementasi sistem belajar moving class dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Pleret. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Pleret. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA, pendidik kimia, dan kepala sekolah SMA N 1 Pleret. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, observasi, dan didukung oleh studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif menurut Miles and Huberman yang meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan simpulan (verification). Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi, meliputi: triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan sistem belajar kelas bergerak (moving class) dalam pembelajaran kimia kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pleret dengan jumlah pesentase skor keseluruhan sebesar 71,15% dapat dikategorikan baik. Beberapa faktor pendukung penerapan moving class dalam pembelajaran kimia antara lain: proses pembelajaran lebih tersusun dan terarah, memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, memberikan warna dan pengalaman belajar yang berbeda setiap pelajaran, memberikan kesempatan bergerak saat perpindahan kelas, mengajarkan kepada peserta didik nilai-nilai kedisiplinan dan melatih ketepatan waktu kepada peserta didik. Sedangkan beberapa kendala yang masih sering ditemui dalam penerapan moving class dalam pembelajaran kimia antara lain: cukup banyak waktu yang terbuang saat perpindahan kelas, masih terdapat peserta didik yang merasa capek atau letih ketika harus pindah kelas, tidak jarang ada beberapa peserta didik yang terlambat masuk kelas, dan kebersihan dan kerapian ruang kelas kurang terjaga. Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMA N 1 Pleret untuk meminimalisir kendala penerapan moving class adalah selalu melakukan sosialisasi kepada pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Asih Widi Wisudawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Moving Class, Pembelajaran Kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Apr 2014 13:45
Last Modified: 22 Feb 2016 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum