PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER IPA TERPADU BERBASIS LOCAL CONTENT BATIK YOGYAKARTA UNTUK SMP/MTs KELAS VII

LYSTIA ROSMITA RAHMAWATI , NIM. 09670034 (2013) PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER IPA TERPADU BERBASIS LOCAL CONTENT BATIK YOGYAKARTA UNTUK SMP/MTs KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER IPA TERPADU BERBASIS LOCAL CONTENT BATIK YOGYAKARTA UNTUK SMP/MTs KELAS VII )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER IPA TERPADU BERBASIS LOCAL CONTENT BATIK YOGYAKARTA UNTUK SMP/MTs KELAS VII )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan video dokumenter IPA Terpadu berbasis local content batik Yogyakarta untuk SMP/MTs kelas VII merupakan Research and Development (R & D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk serta mengetahui kualitas video dokumenter IPA Terpadu berbasis local content batik Yogyakarta untuk SMP/MTs kelas VII. . Penelitian dilakukan dengan menggunakan model prosedural deskriptif. Model ini menggunakan lima tahap pelaksanaan strategi sebagaimana yang tertuang dalam siklus penelitian dan pengembangan Borg and Gall (2010). Tahapan-tahapan tersebut meliputi; (1) tahap penelitian dan pengumpulan data; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap uji coba awal; dan (5) tahap revisi produk. Produk video dokumenter berbasis local content batik Yogyakarta ini ditinjau oleh dosen pembimbing, dosen ahli yang terdiri dari dosen ahli materi dan ahli media, serta lima orang peer reviewer. Kualitas video dinilai oleh tiga guru IPA serta direspon oleh 22 peserta didik SMP N 3 Sewon, SMP N 4 Sewon. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian skala lima berisi 10 aspek untuk mengetahui kualitas produk dan lembar respon skala dua berisi lima aspek untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Hasil penilaian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas media pembelajaran video dokumenter berbasis local content batik. Karakteristik produk video dokumenter IPA Terpadu berbasis local content batik untuk SMP/MTs Kelas VII yang dikembangkan antara lain ukuran file sebesar 2,28 Giga Byte, berdurasi 15 menit 46 detik, Video total bitrate sebesar 20697kbps dan audio bitrate sebesar 1536kbps dimuat dalam bentuk kepingan DVD format file *.mp4. Pengisi suara (dubber) adalah peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil penelitian menurut tiga guru IPA memperoleh skor 98,33 dengan persentase keidealan sebesar 89,39% atau dengan kategori sangat baik (SB), sedangkan respon siswa terhadap media pembelajaran video dokumenter IPA Terpadu mendapatkan skor 13,81 dengan persentase keidealan sebesar 92,06%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asih Widi Wisudawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembangan, video, IPA terpadu, local content.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Apr 2014 10:04
Last Modified: 22 Feb 2016 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12155

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum