PERAMALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIMEINVARIANT FUZZY TIME SERIES (STUDI KASUS : HARGA PENUTUPAN SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI – JUNI 2013)

MUHAMMAD FERRY IRWANSYAH, NIM. 09610007 (2013) PERAMALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIMEINVARIANT FUZZY TIME SERIES (STUDI KASUS : HARGA PENUTUPAN SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI – JUNI 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAMALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIMEINVARIANT FUZZY TIME SERIES (STUDI KASUS : HARGA PENUTUPAN SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI – JUNI 2013))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAMALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIMEINVARIANT FUZZY TIME SERIES (STUDI KASUS : HARGA PENUTUPAN SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI – JUNI 2013))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)

Abstract

Peramalan model runtun waktu (time series) tidak hanya dengan metode time series konvensional saat ini, akan tetapi dapat diaplikasikan dengan metode timeinvariant fuzzy time series. Biasanya metode konvensional dapat menghitung dengan data yang berbentuk angka real. Akan tetapi metode konvensional tidak dapat meramalkan dengan menggunakan data linguistik. Pengaruh jumlah himpunan fuzzy yang berbeda dapat mengetahui jumlah peramalan dan errornya. Tujuan dalam penelitian ini ingin menunjukkan model time-invariant fuzzy time series dapat diaplikasikan dalam peramalan saham JII serta menunjukkan hasil peramalan dan nilai error yang didapat. Metode yang digunakan menggunakan studi literatur dan menggunakan penerapan fuzzy time series dalam meramalkannya. Pada definisi fuzzy time series andaikan F(t) disebabkan oleh F(t) →F(t-1), maka ada hubungan fuzzy antara F(t) dan F(t-1) dan dapat dinyatakan dalam persamaan F(t) = F(t-1) ◦ R (t,t-1) Tanda “◦” adalah operator komposisi max-min. Relation R disebut sebagai model orde pertama dari F(t). Jika fuzzy relation R (t,t-1) dari F(t) tidak tergantung pada waktu t, dapat dikatakan untuk perbedaan waktu t1 dan t2 (t1 ≠ t2), R(t1,t1-1) = R(t2,t2- 1) sehingga F(t) disebut dengan time-invariant fuzzy time series. Pada penelitian ini kasus yang digunakan merupakan indeks penutupan saham Jakarta Islamix Index (JII) periode Januari 2013-Juni 2013. Dari 3, 4, 5, 6 himpunan fuzzy, model yang terbaik dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan 6 himpunan fuzzy. Nilai yang didapat yaitu 0,96%. Peramalan dengan menggunakan 6 himpunan fuzzy didapat untuk minggu ke-27 yaitu 591,09, untuk minggu ke-28 yaitu 630,71, untuk minggu ke-29 yaitu 591,59, untuk minggu ke-30 yaitu 634,91.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muchammad Abrori S.Si, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fuzzy Relation, Fuzzy time series, Saham JII, Time-Invariant Fuzzy Muchammad Abrori S.Si, M.Kom
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Apr 2014 11:46
Last Modified: 14 Jan 2016 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum