PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MODUL BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

NOVITA FADZILATUN NISA , NIM. 09680013 (2013) PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MODUL BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MODUL BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MODUL BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterlaksanaan penerapan metode teams games tournament (TGT) dengan modul bergambar bentuk non self contained, 2) mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X.A MA Ibnul Qoyim Putri dengan menerapkan metode teams games tournament (TGT) disertai modul bergambar bentuk non self contained pada sub materi pokok invertebrata. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subyek penelitian siswa kelas X.A MA Ibnul Qoyim Putri semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Biologi. Data aktivitas siswa dikumpulkan melalui pengisian lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan data hasil belajar kognitif siswa diperoleh melalui lembar soal pre test dan post test. Analisis data untuk aktivitas belajar siswa diperoleh menggunakan analisis kualitatif deskriptif, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan effect size, yaitu selisih antara rata-rata post test siklus I dengan rata-rata post test siklus II serta antara rata-rata post test siklus II dengan rata-rata post test siklus III. Pembelajaran menggunakan metode teams games tournament dengan modul bergambar bentuk non self contained dapat terlaksana dengan baik di kelas X.A Ibnul Qoyim Putri dengan terlaksananya semua kegiatan yang telah direncanakan dalam RPP. Siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan semua aspek aktivitas siswa pada siklus III yang meliputi aspek memperhatikan persentase yang berlangsung mencapai 95,24%, aspek bertanya mencapai 80,95%, aspek mendengarkan penjelasan 92,06%, aspek membuat catatan materi 93,65%, aspek bekerjasama dalam kelompok 90,47%, aspek mengikuti pembelajaran dengan antusias mencapai 90,47%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan effect size sebesar 0,6 pada siklus II dan effect size sebesar 1,4 pada siklus III

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, modul bergambar, teams games tournament (TGT).
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 08:29
Last Modified: 03 Mar 2016 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum