PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BRAILLE MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK BAGI SISWA TUNANETRA

NURIKA PUTRI , NIM. 09690018 (2013) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BRAILLE MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK BAGI SISWA TUNANETRA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BRAILLE MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK BAGI SISWA TUNANETRA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BRAILLE MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK BAGI SISWA TUNANETRA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul fisika dengan huruf braille yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran fisika materi gelombang elektromagnetik bagi siswa tunanetra kelas X di MAN Maguwoharjo, (2) mengetahui kualitas modul fisika dengan huruf Braille materi gelombang elektromagnetik bagi siswa tunanetra kelas X di MAN Maguwoharjo, (3) mengetahui tanggapan siswa tunanetra terhadap modul fisika dengan huruf braille materi gelombang elektromagnetik. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D, yakni Define, Design, Develop, and Disseminate. Instrumen penelitian berupa angket kualitas modul yaitu menggunakan Skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk siswa berupa angket respon siswa yaitu menggunakan Skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Modul dinilai kualitasnya oleh 3 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru fisika MA. Kelayakan modul berdasarkan respon siswa pada uji coba terbatas sebanyak 2 siswa dan uji coba luas sebanyak 3 siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) telah dihasilkan modul fisika braille materi gelombang elektromagnetik bagi siswa tunanetra tingkat SMA/MA berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media dan guru fisika SMA/MA yang di dalamnya terdapat gambar timbul serta tulisan dengan huruf braille, (2) kualitas modul fisika braille materi Gelombang Elektromagnetik berdasarkan penilaian dari ahli materi memiliki kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 84,84%, berdasarkan penilaian dari ahli media memiliki kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 75%, dan berdasarkan penilaian dari guru fisika SMA/MA memiliki kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 75%, (3) tanggapan siswa terhadap modul fisika braille materi Gelombang Elektromagnetik pada uji coba terbatas memiliki kategori sangat baik (SB) dengan persentase 79,69%, sedangkan tanggapan siswa terhadap modul fisika braille materi Gelombang Elektromagnetik pada uji coba luas memiliki kategori sangat baik (SB) dengan persentase 91,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modul, huruf braille, inklusi, gelombang elektromagnetik.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 08:41
Last Modified: 04 Feb 2016 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum