PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BRAILLE MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA

NURMALITA SARI , NIM. 09690017 (2013) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BRAILLE MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BRAILLE MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BRAILLE MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan alat peraga Braille materi pokok getaran dan gelombang. (2) mengembangkan panduan penggunaan alat peraga braille materi pokok getaran dan gelombang. (3) mengetahui kualitas alat peraga braille materi pokok getaran dan gelombang. (4) mengetahui kualitas alat peraga braille materi pokok getaran dan gelombang. (5) mengetahui respon siswa terhadap alat peraga braille materi pokok getaran dan gelombang. (6) mengetahui respon siswa terhadap panduan penggunaan alat peraga braille materi pokok getaran dan gelombang, sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa MTs Yaketunis kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat model 4-D (four D model), yakni Define, Design, Develop, and Disseminate. Hasil penelitian ini berupa (1) alat peraga braille materi pokok getaran dan gelombang. (2) panduan penggunaan alat peraga braille materi pokok getaran dan gelombang. (3) kualitas alat peraga getaran dan gelombang berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan guru MTs LB/A adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 87,5%, 95,83%, dan 93,75%. (4) Kualitas panduan penggunaan alat peraga getaran dan gelombang berdasarkan penilaian ahli materi adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 93,06%, sedangkan berdasarkan penilaian ahli media dan guru MTs LB/A adalah baik (B) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 75% dan 80,88%. (5) Respon siswa MTs Yaketunis terhadap alat peraga braille getaran dan gelombang yang pada uji terbatas dan uji luas diperoleh persentase keidealan berturut-turut sebesar 100% dan 95,59%. (6) respon siswa MTs Yaketunis terhadap panduan penggunaan alat peraga Braille getaran dan gelombang pada uji terbatas dan uji luas diperoleh persentase keidealan berturut-turut sebesar 95% dan 97,5% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Alat Peraga Braille, Getaran dan Gelombang, Tunanet
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 08:43
Last Modified: 05 Feb 2016 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum