STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR IPA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 8, SMP PIRI 1 DAN SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

ALI NASHIR MUBARAK - NIM. 03450470, (2008) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR IPA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 8, SMP PIRI 1 DAN SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA dari aspek ranah kognitif siswa dengan menggunakan KBK dan KTSP. Disamping itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah diantara faktor-faktor seperti alasan masuk sekolah, minat pelajaran IPA, fasilitas sekolah, kesiapan belajar, proses pembelajaran di kelas, pemahaman terhadap materi dan tempat tinggal lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian Studi Komparasi ini merupakan suatu penelitian bersifat deskriptif, artinya peneliti tidak memulai penelitian dari awal, tetapi menganalisis data yang telah ada kemudian mendeskripsikannya. Analisis data cara kualitatif digunakan untuk mengolah data angket dan kuantitatif digunakan untuk mengolah data prestasi belajar. Analisis data secara kualitatif dengan menggunakan rumus distribusi persentase relatife sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus uji t. Pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi, intervew dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Muhammadiyah 8 tidak terjadi perbedaan secara signifikan dengan t atau to sebesar -1,08 dan nilai tt pada taraf signifikan 5%:2,65 dan 1%:2,00. Dengan demikian, perbedaan prestasi yang tidak signifikan dapat dinyatakan bahwa KBK dengan KTSP sama baiknya apabila digunakan sebagai kurikulum di sekolah SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Perbedaan prestasi belajar di SMP PIRI 1 Yogyakarta terjadi secara signifikan dengan t atau to sebesar 2,87 dan nilai tt pada taraf signifikan 5%:2,64 dan 1%:1,99. Dengan demikian, kedua kurikulum akan menghasilkan perbedaan prestasi belajar apabila diterapkan sebagai kurikulum di sekolah SMP PIRI 1 Yogyakarta. Perbedaan prestasi belajar di SMP Negeri 9 Yogyakarta tidak terjadi secara signifikan dengan nilai t atau to sebesar 1,19 dan nilai tt pada taraf signifikan 5%: 1,99 dan 1%:2,64. Dengan demikian, perbedaan prestasi yang tidak signifikan dapat dinyatakan bahwa KBK dengan KTSP sama baiknya apabila digunakan sebagai kurikulum di sekolah SMP Negeri 9 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Prestasi belajar, KBK dan KTSP.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum