PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VIII KOMPETENSI DASAR 4.4 BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

RUSMINI , NIM. 09600036 (2013) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VIII KOMPETENSI DASAR 4.4 BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VIII KOMPETENSI DASAR 4.4 BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VIII KOMPETENSI DASAR 4.4 BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika SMP/MTs berbasis model pembelajaran guided inquiry dengan materi pokok garis singgung persekutuan dua lingkaran kelas VIII semester 2 yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan memenuhi 3 unsur kelayakan yaitu validitas, praktibilitas, dan efektifitas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and development) dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah dosen, guru, dan peserta didik kelas VIII A MTs N Sleman Kota tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan SSP Matematika kelas VIII berbasis model pembelajaran guided inquiry yang berisi petikan silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian. SSP dikembangkan dengan lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analsis instruksional kemudian dilanjutkan tahap perancangan (design) yang terdiri dari penyusunan kerangka SSP, menyusun desain. Tahap berikutnya adalah pengembangan yang terdiri dari penyusunan SSP, tinjauan dosen pembimbing, revisi I, validasi ahli, analisis data, revisi II, uji coba terbatas, sampai produk SSP. Pada tahap ini telah diketahui kualitas SSP baik dengan skor rata-rata sebesar 177,98 dari skor maksimal 240 dengan persentase keidealan 74,17% sehingga SSP dikatakan Valid. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba empiris menggunakan SSP Matematika, memberikan pretest-posttest, serta memberikan angket respon siswa dan guru terhadap SSP. Tahap evaluasi merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil prettest-posttest dan angket respon siswa dan guru untuk keperluan mengambil keputusan. Berdasarkan hasil analisis pada tahap evaluasi diperoleh bahwa SSP teruji efektif meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest (83,38) yang lebih besar dari nilai rata-rata pretsest (30,33) serta kinerja SSP mencapai kriteria baik dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 97,14% > 60%, maka SSP dikatakan Efektif. Dari hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa siswa juga memberikan respon positif terhadap SSP Matematika berdasarkan perolehan skor rata-rata hasil angket siswa sebesar 44,94 dari skor maksimal 60 dengan persentase sebesar 74,91%. Sedangkan respon dari guru mendapat skor rata-rata sebesar 77 dengan perolehan skor 154 dari skor maksimal 192 dan mencapai persentase 80,21% dalam kategori sangat positif. Berdasarkan kriteria angket respon siswa dan guru tersebut, SSP ini dikatakan Praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mulin Nu‟man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Subject Specific Pedagogy (SSP), matematika, guided inquiry.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 10:21
Last Modified: 26 Jan 2016 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum