PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI EKOSISTEM GUA SRITI KULONPROGO BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER II

SITI DINIARSIH , NIM. 08680067 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI EKOSISTEM GUA SRITI KULONPROGO BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI EKOSISTEM GUA SRITI KULONPROGO BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER II )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI EKOSISTEM GUA SRITI KULONPROGO BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER II )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis biota yang ada di Gua Sriti, mengembangkan media pembelajaran biologi ekosistem Gua Sriti Kabupaten Kulonprogo berbasis macromedia flash untuk siswa SMA/ MA kelas X semester II, serta mengetahui kualitas media pembelajaran ekosistem gua berbasis macromedia flash tersebut berdasarkan penilaian sejumlah ahli, guru biologi dan siswa. Metode yang dugunakan untuk mengetahui jenis biota yang ada di Gua Sriti menggunakan metode pitfall trap untuk arthropoda, jebakan mistnet untuk kelelawar, dan deskriptif eksploratif untuk biota lain di semua kawasan Gua Sriti. Pengembangan produk media pembelajaran berbasis macromedia flash termasuk jenis penelitian R and D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development and Production, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan Gua Sriti memiliki 22 jenis biota yang terdiri dari 17 jenis filum Arthropoda, 1 jenis filum Moluska, dan 4 jenis filum Chordata. Media pembelajaran biologi Ekosistem Gua Sriti berbasis Macromedia Flash untuk siswa SMA/MA kelas X telah berhasil dikembangkan dengan melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan produksi, serta evaluasi. Media yang dikembangkan berisi tentang Ekosistem Gua yang materinya disusun berdasarkan kurikulum KTSP dan dipasukan dengan hasil penelitian lapangan di Gua Sriti. Hasil penilaian oleh ahli materi, guru biologi dan siswa menyatakan bahwa media pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat baik, dengan skor masing-masing 120,5; 144,5; dan 145 serta persentase keidealan sebesar 86,07%; 93,22%; dan 82,86%. Sedangkan penilaian oleh ahli media dan ahli bahasa masuk dalam kategori baik dengan skor 50 dan 23 serta persentase keidealan 71,43% dan 76,6%. Berdasarkan penilaian tersebut, media ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar bagi siswa dalam mendukung proses pembelajaran ekosistem serta dalam mengenal potensi lokal ekosistem gua di daerah Kabupaten Kulonprogo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: R and D, ADDIE, macromedia flash, potensi lokal, Gua Sriti, Kulonprogo
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 10:38
Last Modified: 04 Mar 2016 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum