EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)YANG DIPADUKAN PELATIHAN METAKOGNITIF DENGAN SETING GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

SITI NUR ROHMAH, NIM. 08600005 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)YANG DIPADUKAN PELATIHAN METAKOGNITIF DENGAN SETING GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)YANG DIPADUKAN PELATIHAN METAKOGNITIF DENGAN SETING GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)YANG DIPADUKAN PELATIHAN METAKOGNITIF DENGAN SETING GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning yang dipadukan dengan pelatihan metakognitif dengan seting Group Investigation terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP N 16 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 semester ganjil pada pokok bahasan aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas, yaitu pendekatan PBL, strategi metakognitif, metode group investigation, dan metode konvensional berupa ceramah, sedangkan variabel terikat yaitu minat belajar dan kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D (sebanyak 136 siswa). Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre angket, pos angket, pretest, dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran dengan pendekatan PBL yang dipadukan pelatihan metakognitif dengan seting GI tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan ceramah terhadap minat belajar. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang diperoleh nilai sig (1-tailed) = 0,437 > 0.05. (2) Pembelajaran dengan pendekatan PBL yang dipadukan dengan pelatihan metakognitif dengan seting GI lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan ceramah terhadap kemampuan berpikir kritis Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang diperoleh nilai sig (1-tailed )= 0,0085 < 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problem Based Learning, Metakognitif, Group Investigation, Minat Belajar, Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 10:48
Last Modified: 26 Jan 2016 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum