PERMAINAN MONOPOLI DAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA LATIHAN SOAL FISIKA POKOK BAHASAN GAYA KELAS VIII DI MTsN YOGYAKARTA I

DIAN ALIMATUSSHOLIKHA HS - NIM. 03460516, (2008) PERMAINAN MONOPOLI DAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA LATIHAN SOAL FISIKA POKOK BAHASAN GAYA KELAS VIII DI MTsN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK TPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui model permainan dalam pembelajaran fisika yang dapat meningkatkan ketertarikan dan minat belajar fisika, 2) mengetahui apakah prestasi belajar fisika siswa meningkat dengan digunakannya media permainan monopoli dan ular tangga. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dalam proses pelaksanaan media permainan dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A MTsN Yogyakarta I. Penelitian ini adalah penelitian kasus, yakni penelitian yang melibatkan segala proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan permainan monopoli dan ular tangga sebagai media latihan soal fisika pokok bahasan gaya. Data penelitian terdiri dari tanggapan siswa tentang pembelajaran fisika (angket), nilai IPA fisika kelas VII, kinerja siswa, aktivitas siswa terhadap pembelajaran fisika (observasi), dan penguasaan konsep fisika pokok bahasan gaya. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji korelasi menggunakan rumus korelasi product-moment di teruskan dengan analisis jalur dengan menggunakan rumus path. Dari hasil uji korelasi dihasilkan nilai korelasi (rX1X2 = - 0,37 ; rX1X3 = 0.181 ; rX1X4= 0,00 ; rX1X5= 0,73 ; rX2X3 = 0,00 ; rX2X4 = 0,740 ; rX2X5 = 0,817 ; rX3X4 = 0,675 ; rX3X5 = 0,427 ; dan rX4X5 = 0,661) dengan tanggapan siswa tentang pembelajaran fisika (X1), nilai IPA/fisika kelas VII (X2), kinerja siswa (X3), tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika (X4), dan penguasaan konsep fisika pokok bahasan gaya (Y). Dari analisis jalur didapatkan koefisien jalur (P21 = -0,37; P31 = 0,181; P42 = 0,740; P43 = 0,675; P51 = 1,000; P52 = -0,003; P53 = -0,44; dan P54 = 1,000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan monopoli dan ular tangga dalam pembelajaran fisika dapat digunakan untuk meningkatkan ketertarikan dan minat belajar fisika. Prestasi belajar fisika siswa meningkat dengan digunakannya media permainan monopoli dan ular tangga. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa ada ketertarikan antara penerapan media permainan dalam pembelajaran fisika. Prestasi belajar siswa meningkat dengan digunakannya permainan monopoli dan ular tangga sebagai media latihan soal fisika pokok bahasan gaya. Permainan monopoli dan ular tangga dapat dimanfaatkan untuk media latihan soal fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Prof. H. Suparwoto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Permainan, media.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum