PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MULTIDIMENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

WIAN INDRIANI, NIM. 09690012 (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MULTIDIMENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MULTIDIMENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MULTIDIMENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model multidimensional lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing, 2) mengetahui tingkat keterampilan proses sains siswa selama kegiatan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif berupa penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain pretest-postest control group design. Penelitian dilakukan kepada dua sampel penelitian sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model multidimensional dan kelas kontrol dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan proses sains siswa di yang dibelajarkan dengan model multidimensional lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dengan hasil uji t pihak kanan diperoleh harga pada taraf signifikansi 5% dengan df= 47. 2) Keterampilan proses sains yang dilaksanakan siswa di kelas eksperimen berada pada tingkat cukup tercapai, tercapai, dan sangat tercapai dengan perolehan rerata persentase berturut-turut 2,08%; 33,33%; dan 64,58%. Keterampilan proses sains yang dilaksanakan siswa di kelas kontrol berada pada tingkat cukup tercapai, tercapai dan sangat tercapai,dengan rerata persentase yang diperoleh berturut-turut sebesar 34%, 64%, dan 2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : multidimensional, inkuiri terbimbing, keterampilan proses.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Apr 2014 08:27
Last Modified: 05 Feb 2016 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum