STUDI KOMPARASI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

RAHAYU MALINI PRADYUMNATI , NIM. 08600086 (2013) STUDI KOMPARASI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan model kooperatif tipe TGT dan tipe Make a Match. (2) perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe TGT dan model konvensional. (3) perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Make a Match dan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment), dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu penggunaan metode pembelajaran tipe TGT dan Make a Match serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Kawali tahun ajaran 2012/2013, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe TGT, kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Make a Match, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Data yang dianalisis adalah skor gain dari masing-masing kelas dan teknik analisis data menggunakan Anova yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) model kooperatif tipe Make a Match lebih baik dibandingkan dengan model kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (2) model kooperatif tipe TGT sama dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (3) model kooperatif tipe Make a Match lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT), Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match, kemampuan pemecahan masalah matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Apr 2014 09:24
Last Modified: 26 Jan 2016 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum