IMPLEMENTASI PERATURAN PERKAWINAN DAN PERCERAIAN PNS DAN PEJABAT (Studi PP No. 10 Tahun 1983 jo. Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 1990)

AMAR MA’RUF, NIM. 1120310067 (2013) IMPLEMENTASI PERATURAN PERKAWINAN DAN PERCERAIAN PNS DAN PEJABAT (Studi PP No. 10 Tahun 1983 jo. Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 1990). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN PERKAWINAN DAN PERCERAIAN PNS DAN PEJABAT (Studi PP No. 10 Tahun 1983 jo. Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 1990))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN PERKAWINAN DAN PERCERAIAN PNS DAN PEJABAT (Studi PP No. 10 Tahun 1983 jo. Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 1990))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)

Abstract

Pegawai Negeri Sipil merupakan abdi negara yang dituntut untuk menjadi teladan bagi masyarakat. Demi menjaga citra PNS, maka pemerintah membentuk suatu peraturan khusus yang bertujuan untuk menjaga harkat dan martabat para PNS dan pejabat yang tertuang dalam PP No 10 Tahun 1983 jo. PP No 45 Tahun 1990 (disingkat PP 10). PP 10 merupakan peraturan bersifat khusus yang bertujuan mengatur pernikahan dan perceraian Pegawai Negeri Sipil (PNS). Akan tetapi, dalam implementasinya masih terjadi banyak pelanggaran yang dilakukan oleh PNS yang mengakibatkan pelaksanaan PP 10 tidak sesuai dengan cita-cita yang diharapkan. Faktor inilah yang menjadi daya tarik penulis dalam mengkaji implementasi PP 10 secara lebih mendalam.mengenai efektifitas pelaksanaannya. Disamping itu, penelitian ini akan mengungkap perilaku, faktor-faktor, dan kelemahan PP 10 yang membuat beberapa PNS dan pejabat di Indonesia melanggarnya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menampilkan data-data dan informasi kepada tingkat abstraksi yang lebih tinggi. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik dengan melakukan pendekatan normatif-empiris. Dengan metode field research, penulis melakukan wawancara mendalam kepada birokrat level atas atau yang menjabat pimpinan atau wakil pimpinan instansi untuk mendapatkan gambaran terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh PNS dan pejabat. Disamping itu diperkuat dengan penyebaran angket untuk memperoleh gambaran mengenai persepsi PNS terhadap PP 10. Selain itu, penulis juga menggunakan library research sebagai bahan analisa, yakni mengumpulkan semua perundang-undangan yang membatasi PNS dan pejabat bidang perkawinan dan perceraian. Dalam menganalisis digunakan metode content analisis yaitu menjadikan PP 10 sebagai titik fokus penelitian. Dalam implementasinya PP 10 belum mampu mencapai tujuan yang diharapkan. PNS dan pejabat yang dikontrol secara ketat, justru mencoba mencari celah untuk bisa terhindar dari jeratan kebijakan yang mengikatnya. Hal ini bisa dilihat dengan adanya tindakan PNS yang melakukan pernikahan secara diamdiam tanpa izin atasan, melakukan pernikahan poligami, bahkan perselingkuhan. Adapun beberapa kasus poligami yang terjadi, dilakukan setelah PNS dinyatakan pensiun atau mengajukan permohonan pensiun dini. Beberapa pelanggaran yang terjadi didukung dengan penanganan yang tidak tegas karena adanya langkah kompromi yang dilakukan oleh atasan. Selain itu, proses hukum yang tumpang tindih dalam pelaksanaan PP 10 berimplikasi kepada ketidakjelasan esensi peraturan tersebut. Seperti halnya dalam pengaturan surat izin bercerai, atasan dituntut agar mempersulit PNS maupun pejabat mendapatkan surat izin untuk bercerai, akan tetapi, dalam proses di Pengadilan, surat izin dari atasan ternyata tidak terlalu berpengaruh. Oleh karena itu, agar tujuan dapat tercapai perlu ada law enforcement atau revisi atas beberapa peraturan dalam PP 10, agar perangkat hukum yang sudah ada dapat diimplementasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: EUIS NURLAELAWATI, Ph.D
Uncontrolled Keywords: PERKAWINAN, PERCERAIAN
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Apr 2014 09:46
Last Modified: 16 Apr 2015 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum