PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA

ISMAYA MUNAF, NIM. 09670033 (2013) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan spesifikasi modul kimia bermuatan pendidikan karakter untuk SMP/MTs yang dikembangkan, mengetahui kualitas modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian tiga pendidik IPA SMP/MTs serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap modul kimia yang dikembangkan. Pengembangan modul ini dibimbing oleh satu dosen pembimbing dan diberi masukan oleh ahli materi, ahli media dan peer reviewer. Penilaian modul dilakukan oleh reviewer yaitu tiga pendidik IPA SMP/MTs dan respon 10 peserta didik. Pengembangan ini menggunakan model prosedural yang menggunakan langkahlangkah Borg dan Gall. Prosedur dalam pengembangan modul ini hanya dibatasi sampai 5 tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba. Instrumen penilaian modul berupa lembar penilaian skala 1-5 yang berisi 10 aspek dan 18 kriteria penilaian. Hasil penilaian dari 3 pendidik berupa data kualitatif, kemudian dikonversikan menjadi data kuantitatif dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul. Hasil respon peserta didik diolah menjadi bentuk persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul kimia yang dikembangkan menurut penilaian tiga pendidik IPA SMP/MTs di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 90,47%, sedangkan respon dari 10 peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 95%. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul kimia bermuatan pendidikan karakter untuk SMP/MTs layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik SMP/MTs Kelas VIII Semester 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Pendidikan Karakter, Modul
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Apr 2014 08:56
Last Modified: 22 Feb 2016 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum