EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI SUMBERAGUNG POKOK BAHASAN SEGI EMPAT

IHA SITI MUFLIHA , NIM. 09600007 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI SUMBERAGUNG POKOK BAHASAN SEGI EMPAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI SUMBERAGUNG POKOK BAHASAN SEGI EMPAT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI SUMBERAGUNG POKOK BAHASAN SEGI EMPAT)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan realistik berbasis keislaman terhadap karakter tanggung jawab dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain penelitian pre-test post-test control group design di mana populasi penelitiannya adalah siswa MTs Negeri Sumberagung tahun ajaran 2012/2013. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, yaitu satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann- Whitney tu uji U. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0 dan Microsoft excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji U hasil post- angket memiliki nilai signifikan 0, 805 yang berarti rata-rata skor post-angket kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran reflektif dengan pendekatan realistik berbasis keislaman tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan model konvensional terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas VII MTs Negeri Sumberagung tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: karakter tanggung jawab, model pembelajaran reflektif, pendekatan realistik,
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Apr 2014 10:13
Last Modified: 26 Jan 2016 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum