PROBLEMATIKA PENGAJARAN BUNYI BAHASA ARAB DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH YOGYAKARTA (STITY)

DURROH YATIMAH, NIM. 98423923 (2003) PROBLEMATIKA PENGAJARAN BUNYI BAHASA ARAB DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH YOGYAKARTA (STITY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN BUNYI BAHASA ARAB DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH YOGYAKARTA (STITY))
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN BUNYI BAHASA ARAB DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH YOGYAKARTA (STITY))
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Setiap proses interaksi belajar mengajar selalu ditandai sejumlah unsur yaitu tujuan, guru, peserta didik, bahan pelajaran metode, dan situasi. Begitu juga dengan pengajaran bahasa arab, faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pengajaran antara lain fasilitas fisik yang memadai, tujuan yang jelas, guru yang qualified, lingkungan yang favourable, siswa yang siap menerima pelajaran, pengaturan penyelenggaraan yang baik serta disukung teks book yang baik pula. Namun di dalam proses pengajaran bahasa arab banyak ditemui problematika yang timbul baik aspek linguistik maupun non linguistik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penentuan subyek memakai metode populasi terdiri dari dosen bahasa arab, dan mahasiswa pengambil program mata kuliah bahasa arab semester II dan IV. Metode pengumpulan datanya memakai metode observasi, wawancara, dan angket. Metode analisa data menggunakan analisis kualitatif dengan mnggunakan kerangka berfikir deduktif dan induktif Pengajaran bunyi bahasa arab di STITY dilaksanakan secara implisit yaitu materi pengajaran bunyi bahasa arab biasanya diambil dari pelajaran qiraah, muhadatsah dan imla’. Adapun problematika pengajaran artikulasi bahasa arab yang dihadapi mahasiswa STITY terletak pada beberapa bunyi bahasa arab. Problematika tersebut terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor syakal, mad dan qashar, faktor keterdekatan ataupun kesamaan letak artikulasi bunyi bahasa arab dengan bunyi bahasa indonesia maupun sesama artikulasi bunyi arab, faktor perbedaan bunyi arab dan indonesia, faktor kekurang biasaan mahasiswa dalam berbahasa arab secara aktif, dan faktor kurangnya penguasaan unsur bahasa arab seperti nahwu, sharf, imla’ dan lainnya. Key word: bunyi bahasa arab, pengajaran, STITY

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Zaenal Arifin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: bunyi bahasa arab, pengajaran, STITY
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 May 2014 07:40
Last Modified: 18 Apr 2017 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum