TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN

EVA ROHILAH, NIM. 98413852 (2003) TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fazlur Rahman merupakan salah satu pemikir yang menggagas tentang transformasi pendidikan Islam. Sebagai seorang neomodernis, Rahman menekankan keharusan kepada kaum muslim untuk mengkaji dunia barat beserta gagasan-gagasan dan ajaran-ajaran dalam sejarah keagamaannya sendiri. Pemikirannya tentang transformasi pendidikan agama Islam adalah berkaitan dengan metodologi yang dianggapnya masih indoktrinatif, cenderung bersifat normatif, teosentris dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengaeahui lebih dalam tentang pemikiran pendidikan Fazlur Rahman, bagaimana proses transformasi pendidikan Agama Islam menurut Fazlur Rahman serta pengaruh pemikiran Fazlur Rahman terhadap dinamika pendidikan agama Islam di Indonesia. Penelitian ini bersifat library research (penelitian literature) dengan pendekatan historis. Sumber data primer banyak diambil dari karya-karya Fazlur Rahman sedangkan sumber sekundernya banyak menggunakan artikel-artikel yang berhubungan dengan pemikiran Fazlur Rahman yang ditulis oleh orang lain. Pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan metode interpretasi, induksi dan deduksi, koherensi intern, holistika, kesinambungan historis dan refleksi penulis pribadi. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah: 1. Fazlur Rahman begitu serius mengkaitkan antara intelektualisme dengan pendidikan Islam. Intelektualisme Islam adalah esensi dari pendidikan Islam itu sendiri dan justru merupakan kriteria untuk menilai kegagalan sebuah sistem pendidikan Islam. 2. Tujuan pendidikan dalam pandangan Islam adalah untuk mengembangkan kemampuan inti manusia yang sedemikian rupa sehingga seluruh ilmu pengetahuan yang diperolehnya akan menyatu dengan kepribadian kreatifnya. Fazlur Rahman mempertegas bahwa yang terpenting adalah bukan menciptakan ilmu pengetahuan yang Islami tetapi menciptakan pemikir yang berfikir konstruktif. 3. Dari proses transformasi kurikulum dan metodologi pendidikan agama Islam, menurutnya tidak perlu ada pendikotomian antara ilmu agama dan ilmu sekuler, karena justru perpaduan antara keduanya akan menjadikan suatu sistematika yang komprehensif dalam mempelajari agama Islam. 4. Salah satu metode Rahman dalam penafsiran al-Qur’an adalah metode hermeneutik dengan pendekatan dua metode penafsiran, yaitu metode gerak bolak balik dan metode sistetik logik. 5. Pemikiran Fazlur Rahman berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan Agama Islam di Indonesia, terbukti dengan diterimanya pemikiran beliau oleh kalangan intelektual muslim di tanah air yang kemudian dimanifestasikan dalam institusi pendidikan agama Islam, organisasi maupun lembaga kajian yang perlahan-lahan memberikan dinamika terhadap perubahan kurikulum dan metodologi pendidikan agama Islam. Kata kunci: pemikiran pendidikan Islam, Fazlur Rahman, transformasi pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sutrisno, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pemikiran pendidikan Islam, Fazlur Rahman, transformasi pendidikan Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 May 2014 07:39
Last Modified: 07 Dec 2023 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum