REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM DI ISTANBUL MASA PEMERINTAHAN SULTAN SULEYMAN DINASTI TURKI USMANI (1520-1566)

AHMAD LUTFI HAKIM , NIM. 10411040 (2014) REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM DI ISTANBUL MASA PEMERINTAHAN SULTAN SULEYMAN DINASTI TURKI USMANI (1520-1566). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM DI ISTANBUL MASA PEMERINTAHAN SULTAN SULEYMAN DINASTI TURKI USMANI (1520-1566) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM DI ISTANBUL MASA PEMERINTAHAN SULTAN SULEYMAN DINASTI TURKI USMANI (1520-1566) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD LUTFI HAKIM. Rekonstruksi Pendidikan Islam di Istanbul Masa Pemerintahan Sultan Suleyman Dinasti Turki Utsmani (1520-1566). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan Islam sesungguhnya diharapkan berperan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diamanatkan oleh undang-undang, pada kenyataannya sistem pendidikan Islam terbukti belum berhasil mengeluarkan bangsa ini dari berbagai permasalahan hidup yang menghimpitnya. Bukannya melahirkan generasi yang lebih baik, pendidikan kini justru melahirkan generasi-generasi yang melahirkan masalah-masalah baru. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana sejarah pendidikan Islam di Istanbul masa pemerintahan Sultan Suleyman dan bagaimana rekonstruksi dari sejarah pendidikan Islam masa Sultan Suleyman untuk Indonesia modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan Islam yang dilakukan oleh Sultan Suleyman serta memberikan pandangan rekonstruksi sejarah pendidikan Islam untuk Indonesia modern. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library reserch) dengan sumber primer buku Ad-Dawlah al-Utsmaniyyah: Tarikh wa Hadarah Kairo: Maktabah asy-Syuruq al-Dawliyah karya Akmal Oglu ad-Din Ihsan dan Kerajaan Ottoman: Struktur Kekuasan Sebuah Kerajaan Islam Terkuat dalam Sejarah karya Colin Imber, serta beberapa literatur lain sebagai data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumenasi sedangkan untuk pengolahan data menggunakan metode critical history dan hermeneutik dan pendekatan historis yaitu mendeskripsikan dan menganalisis peristiwa-peristiwa masa lampau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rekonstruksi dari pendidikan Islam era Suleyman: pertama Tujuan pendidikan Islam mencakup: 1) Menjelaskan ilmu dan hikmah (Tasawuf), 2) Memperoleh keutamaan dan ilmu pengetahuan, 3) Menegakkan Agama dan Syariat 4) Memaksimalkan potensi atau bakat alami setiap manusia Kedua, bagi seorang guru diharuskan mempunyai kompetensi soft skill dan hard skillyang disyaratkan. Ketiga, guru dan murid diharapkan mampu untuk aktif bersama sehingga mampu menghidupkan proses pembelajaran. Perlu adanya kebiasaan belajar serta motivasi intrinsik bagi guru maupun murid. Keempat, kompleks kulliye Suleymaniye sebagai contoh sistem pendidikan. Digambarkan: 1) pentingnya fasilitas penunjang pendidikan, 2) agama Islam menjadi core dari pendidikan. 3) Ilmu tidak memandang siapa yang berhak belajar tetapi siapa pun berhak mendapatkan ilmu. 4) Kesadaran bagi penentu kebijakan terhadap pentingnya pendidikan yang baik. 5) Ilmu memandang bahwa untuk mendapatkannya haruslah dengan tekad yang kuat, dan mempertahankannya dengan mengamalkannya. Kelima, kualitas pendidikan dan kualitas lulusan menjadi tujuan pokok pendidikan. Perlu adanya kematangan pada diri murid maka dari itu diperlukan proses pembelajaran yang berkualitas, guru yang berkompeten, evaluasi yang sebenar-benarnya serta ketegasan dari pemimpin dalam menjalankan aturan dan sistem pendidikan tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M. Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Apr 2014 13:57
Last Modified: 02 Aug 2017 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12301

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum