GAGASAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMIKIRAN IBRAHIM HOSEN DAN M. HASBI ASHSHIDDIEQY)

SHOHIB HASAN , NIM. 96362685 (2002) GAGASAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMIKIRAN IBRAHIM HOSEN DAN M. HASBI ASHSHIDDIEQY). Skripsi thesis, Fak. Syariah.

[img]
Preview
Text (GAGASAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMIKIRAN IBRAHIM HOSEN DAN M. HASBI ASHSHIDDIEQY))
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (GAGASAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMIKIRAN IBRAHIM HOSEN DAN M. HASBI ASHSHIDDIEQY))
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sebagai pemikir pembaharu, Ibrahim Hosen dn M. Hasbi Ash-Shiddieqy terhitung sangat intens dan eksplisit mengartikulasikan prinsip gerak dan dinamisme Islam. Prinsip ini sangat signifikan dalam membangun keseluruhan pandangan kedua tokoh ini, khususnya pandangannya mengenai hukum Islam secara umum. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif-analitis dengan menggunakan pendekatan sosio-historis filosofis. Pengumpulan datanya bersumber dari buku-buku, kitab-kitab, artikel-artikel, jurnal-jurnal, karya ilmiah lain yang ditulis oleh Ibrahim Hosen dan Hasbi ash-Shiddieqy, sedang analisa datanya melalui metode induktif, dan komparatif. Ibrahim Hosen dan M. Hasbi Ash-Shiddieqy sama sama me3ngadakan pembaruan dengan jalan membentuk sebuah aliran baru yakni “Maqzhab Pemerintah” (istilah untuk Ibrahim Hosen) dan “Fiqh Indonesia” (istilah yang dilontarkan M. Hasbi Ash Shiddieqy). Namun image dari istilahnya Ibrahim Hosen cenderung mengarah secara struktural, sedangkan istilahnya Hasbi memberi kesan mengarah pada kultural, walaupun sebenarnya tidaklah demikian adanya. Karena pada substansinya, keduanya sama sama bertujuan untuk “membumikan” dan mengaktualisasikan hukum Islam di tengah aktivitas kehidupan masyarakat muslim Indonesia yang kenyataannya masih belum mendapatkan tempat di hati mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Key word: pembaruan, hukum Islam, pemikiran, Ibrahim Hosen, M. Hasbi Ash Shiddieqy
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Apr 2014 18:24
Last Modified: 20 Apr 2016 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum