PROBLEMATIKA KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA 1994 DI MAK AS SA’ADAH BUNGAH GRESIK

ACHMAD HUSNAN, NIM. 97413651 (2003) PROBLEMATIKA KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA 1994 DI MAK AS SA’ADAH BUNGAH GRESIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA KURIKULUM PENDIDIKAN PENDIDIKAN AGAMA 1994 DI MAK AS SA’ADAH BUNGAH GRESIK)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA KURIKULUM PENDIDIKAN PENDIDIKAN AGAMA 1994 DI MAK AS SA’ADAH BUNGAH GRESIK)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kehidupan manusia pcndidikan memegang peranan yang sangat penting, tidak ada scorang manusia pun terlepas dari kcbutuhan terhadap pendidikan dan itu merupakan hal yang tidak mungkin dihindari lagi karena pendidikan merupakan proses perubahan sikap dan tingkah laku seorang atau sekelompok dalam mendewasakan, melalui upaya-upaya pengajaran dan pelatihan-pelatihan. Setiap proses pendidikan dalam lembaga manapun membutuhkan suatu program yang merupakan bahan transformasi karena dari kurikulum dapat diketahui arah dan tujuan yang menjadi visi dan orientasi suatu proses dan mekanisme suatu pendidikan. MAK (Madrasah Aliyah Keagamaan program ilmu-ilmu agama) sebagai salah satu alternative sekolah lanjutan atas dengan menempatkan model pendidikan yang khas, menggabungkan antara beberapa ciri pesantren dengan sekolah umum, dengan kurikulum yang disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahab perkembangan siswa dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni. Namun madrasah mempunyai kelemahan karena pada umumnya tumbuh dari bawah, tanpa kecuali yang berada dibawah organisasi social keagamaan. Hal ini tentunya tidak menguntungkan bagi perkembangan madrasah tersebut karena tidak dibarengi dengan perencanaan yang matang. Dengan demikian penelitian ini ingin mengetahui problematika apa saja yng timbul dan menghambat dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan tahun 1994 dan apa saja usaha yang dilakukan oleh MAK Assa’adah Sampurnan Bungah Gresik dalam mengatasi problematika tsb. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan analisis data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Problem yang menghambat proses belajar mengajar di MAK as Sa’adah antara lain adalah alokasi waktu yang tidak memadahi, tidak ada buku paket sebagai pedoman pengajaran, terbatasnya ruang belajar, asrama, lab. Bahasa, tidak ada perpustakaan yang khusus MAK as Sa’adah, kurangnya guru yang professional serta evaluasi yang cenderung kognitif. Sedangkan upaya yang dilakukan MAK as Saadah dalam mengatasi problema tersebut adalah anatar lain pembuatan buku paket, penambahan jam pelajaran, pengadaan perpustakaan, perluasan asrama, dan perekrutan guru yag professional dibidangnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 02 May 2014 09:40
Last Modified: 06 Jan 2023 20:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum