PEMBELAJARAN KISAH-KISAH ISLAMI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING YOGYAKARTA

FITRI NUR ’AINI , NIM. 98413838 (2002) PEMBELAJARAN KISAH-KISAH ISLAMI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Fak. Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KISAH-KISAH ISLAMI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KISAH-KISAH ISLAMI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam Islam, anak memiliki kemampuan bawaan yang bersifat laten yang akan tumbuh dan berkembang menjadi kemampuan nyata atas pengaruh factor-faktor dari luar dirinya. Di antara kemampuannya adalah potensi beragama atau potensi religiusitas. Potensi ini memerlukan pengembangan melalui bimbingan dan pemeliharaan yang mantap, lebihlebih pada usia dini. Menurut Clark, ada delapan macam karakteristik religiusitas pada anak, yaitu ideas accepted on authority, unreflective, egocentric, anthropomorphic, verbalized and ritualistic, imitative, spontaneous in some respects, dan wondering. Wondering merupakan suatu karakter sejenis ketakjuban yang menimbulkan rasa gembira dan heran terhadap dunia baru yang terbuka di depannya. Rasa takjub ini bisa terbina melalui cerita-cerita keagamaan yang bersifat fantastis misalnya peristiwa mukjizat para nabi, kisah kehebatan para sahabat dan pahlawan Islam, dan lainnya. Peristiwa yang diceritakan akan terkembang bebas dalam alam fantasi anak yang dapat menjadi dasar kekaguman dan kecintaan kepada para nabi dan para sahabatnya. Kisah sebagai suatu metode pendidikan Islam ternyata mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kisah-kisah Islami di TK Islam Terpadu Nurul Islam, untuk mengetahui tentang alasan yang menjadi dasar pengajaran kisah-kisah Islami di TK tersebut serta untuk mengetahui tentang implikasi dari pembelajaran kisah-kisah Islami bagi pembentukan karakter anak didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, bersifat deskriptif analitik. Pengumpulan datanya dilakukan menggunakan metode interview, dokumentasi dan observasi. Analisa data dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan antara lain: 1. Pelaksanaan pembelajaran kisah-kisah Islami di TKIT Nurul Islam mencakup tiga tahap, yaitu tahap pre instruksional, instruksional dan post instruksional. 2. Alas an adanya pembelajaran kisah-kisah Islami di TKIT Nurul Islam adalah: a) aspek normatif yakni alas an yang didasarkan pada sumber hukum Islam berupa al-Qur’an dan al Hadits; b)aspek psikologi anak; c) aspek edukatif dan d) aspek strategis, yaitu bertujuan untuk menanamkan dasar-dasar aqidah Islam pada anak sejak dini. 3. Implikasi pembelajaran kisah-kisah Islami di TKIT Nurul Islam bagi anak didik adalah dalam rangka pembentukan generasi yang sholih/sholihah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pendidikan Islam, cerita cerita Islam, pendidikan agama Islam di TK.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 02 May 2014 17:52
Last Modified: 01 Sep 2016 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum