STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR NAHWU SANTRI ALUMNI MU’ALLIMIN TSANAWIYAH DENGAN TAKHASSUS DI PESANTREN PERSATUAN ISLAM NO. 99 RANCABANGO GARUT

APEP IWAN GUNAWAN , NIM. 96423339 (2003) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR NAHWU SANTRI ALUMNI MU’ALLIMIN TSANAWIYAH DENGAN TAKHASSUS DI PESANTREN PERSATUAN ISLAM NO. 99 RANCABANGO GARUT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR NAHWU SANTRI ALUMNI MU’ALLIMIN TSANAWIYAH DENGAN TAKHASSUS DI PESANTREN PERSATUAN ISLAM NO. 99 RANCABANGO GARUT)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR NAHWU SANTRI ALUMNI MU’ALLIMIN TSANAWIYAH DENGAN TAKHASSUS DI PESANTREN PERSATUAN ISLAM NO. 99 RANCABANGO GARUT)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pesantren Persatuan Islam (PERSIS) adalah lembaga pendidikan yang dikelola organisasi Persatuan Islam (PERSIS) yang secara resmi didirikan pada 4 Maret 1936 di Bandung. Pesantren PERSIS termasuk Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango Garut juga memiliki elemen-elemen dasar pesantren seperti asrama, masjid, santri, pengajaran kitab-kitab klasik dan kyai/ustadz. Tujuan pendidikan persatuan Islam itu sendiri adalah mewujudkan kepribadian muslim taqwa yang tafaquh fiddin sesuai dcngan jenjang satuan pendidikan yang diselesaikannya. Tentu saja untuk mencapai tujuan tersebut terlebih dahulu harus mampu memahami al-Qur'an dan as-Sunnah sebagai sumber pokok ajaran agama Islam, dan itu berarti bahwa ilmu tentang bahasa Arab-termasuk Nahwu- harus sudah dikuasai sebelumya. Karena bahasa Arab dan al-Qur' an bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisah-pisahkan antara yang satu dengan yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengajaran Nahwu di di Mualimmin Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango Garut dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar nahwu pada santri Muallimin antara alumni Tsanawiyah dengan alumni Takhasus di Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango Garut. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pengajaran Nahwu yang dilaksanakan di Pesantren Persatuan Islam no. 99 Rancabango Garut menggunakan pendekatan Nazhariyatul Furu’karena pelajaran nahwu dilaksanakan secara mandiri. Sedangkan prestasi belajar nahwu santri Muallimin yang berasal dari Tsanawiyah tidak jauh berbeda dengan santri yang berasal dari Takhassus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pelajaran Nahwu, Pesatren Persatuan Islam
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2014 11:10
Last Modified: 30 Mar 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum