STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PROGRAM TAUSIYAH UDARA RADIO REPUBLIK INDONESIA 91,1 MHz YOGYAKARTA DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH

ADEN HASAN SOLEHUDIN, NIM: 09210105 (2013) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PROGRAM TAUSIYAH UDARA RADIO REPUBLIK INDONESIA 91,1 MHz YOGYAKARTA DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PROGRAM TAUSIYAH UDARA RADIO REPUBLIK INDONESIA 91,1 MHz YOGYAKARTA DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PROGRAM TAUSIYAH UDARA RADIO REPUBLIK INDONESIA 91,1 MHz YOGYAKARTA DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB)

Abstract

Aden Hasan Solehudin (09210105) “Strategi Komunikasi Dakwah Program Tausiyah Udara Radio Republik Indonesia 91,1 MHz Yogyakarta Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah” Latar belakang masalah ini muncul melihat realita di lapangan terhadap pesatnya perkembangan teknologi yang dirasakan pengaruhnya dalam mengubah pola pikir, gaya hidup, dan perilaku masyarakat. Keberadaannya harus dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat membawa pengaruh yang positif bagi masyarakat. RRI Yogyakarta salah satu radio yang mempunyai nilai sejarah panjang sehingga perlu dikaji, terutama pengalaman dalam membuat dan merancang strategi penyiaran di Indonesia. Program Tausiyah Udara di RRI bersifat interaktif yaitu adanya tanya-jawab secara langsung antara da’i dengan pendengar. Alasan inilah yang menjadikan penulis tertarik mengetahui strategi yang digunakan Radio Republik Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas mengenai strategi komunikasi yang digunakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta, dalam menyampaikan isi pesan dakwah kepada pendengar. Juga menambah wawasan keilmuan penulis khususnya dalam bidang strategi komunikasi dakwah di media massa khususnya radio. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang cara memperoleh data melalui pengamatan atau observasi wawancara dan penelaahan terhadap dokumen-dokumen. Sumber data dibagi menjadi dua bagian. Pertama, Sumber data primer, yaitu sumber data yang memberikan data langsung dari tangan pertama. Kedua, Sumber data sekunder yaitu sumber data yang dikutip dari orang lain. Subjek penelitian ini meliputi kepala seksi pro 1 RRI, staf program, penyiar, penceramah, dan pendengar. Objek penelitian ini ialah Program Tausiyah Udara 91,1 MHz RRI Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik yaitu, metode dengan cara menguraikan sekaligus menganalisisnya sumber data penelitian adalah sumber data primer yang memberikan data langsung dari tangan pertama. Sumber data sekunder yaitu sumber data yang dikutip dari sumber lain. Metode pengumpulan data berupa observasi ialah pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala-gejala yang diteliti. Wawancara ialah tanya jawab lisan antara dua orang atau lebih secara langsung. dokumentasi yaitu teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan pada sebuah penelitian, namun melalui dokumen. Adapun metode analisis data yang digunakan ialah metode deskriptif analitik yaitu, metode dengan cara menguraikan sekaligus menganalisisnya. Hasilnya strategi komunikasi dakwah yang digunakan RRI adalah meliputi pemilihan komunikator, isi pesan, media, segmentasi pendengar, umpan balik, dan efek Tausiyah Udara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: RISTIANA KADARSIH, S.SOS, MA
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, tausiyah
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2014 08:14
Last Modified: 16 Oct 2015 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum