MISBAKHUS SURURI, NIM. 97413640 (2002) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 3 YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 3 YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Pada dasarnya, pendidikan agama itu penting diajarkan baik di sekolah umum maupun sekolah agama atau madrasah untuk semua siswa baik itu yang berkebutuhan khusus, normal maupun siswa yang mempunyai prestasi luar biasa. Hal ini memang mengingat pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia pada dasarnya bersifat religius sebagaimana yang sudah dirumuskan oleh Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Skripsi ini mengkaji tentang pelaksanaan pendidikan Agama Islam di SMU 3 Yogyakarta, di mana ada satu program khusus untuk para siswa berprestasi tinggi yaitu program percepatan atau akselerasi. Kaitannya dengan pendidikan Agama Islam, ada hal yang menarik untuk dikaji, yaitu bahwa pendidikan Agama Islam tidak bisa dicapai hanya dengan penguasaan kognitif saja, akan tetapi perlu adanya penghayatan (afeksi) serta pengalaman (psikomotor) dalam kehidupan praktis. Di sinila timbul permasalahan baru, apakah dengan percepatan kelas yang notabene menekankan pada penguasaan kognisi, pendidikan agama Islam dapat dilaksanakan dengan optimal? Penelitian ini merupakan penelitian lapanga (field research). Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi , dan penyebaran angket. Analisa terhadap data terkumpul menggunakan teknik analisis data deskriptif interpretatif. Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan Agama Islam pada program kelas akselerasi di SMU 3 Yogyakarta secara umum sama dengan pelaksanaan pada program umum, baik kurikulum, metode, media maupun alokasi waktu tatap muka. Perbedaannya terletak pada waktu penyelesaian studi. Kedua, bahwa pembelajaran PAI pada program akselerasi dilaksanakan dengan tiga langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga, efektivitas pembelajaran PAI program akselerasi dapat diukur berdasarkan penetapan terhadap prinsip-prinsip akselerasi dalam pembelajaran, yaitu efektivitas mengajar guru (proses),dan efektivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Kata kunci: pembelajaran PAI, kelas percepatan (akselerasi), SMU 3 Yogyakarta. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 06 May 2014 08:42 |
Last Modified: | 06 May 2014 08:42 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12386 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |