PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II

MISLINAWATI, NIM. 98423974 (2002) PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mempelajari dan menguasai Bahasa Arab menjadi keharusan bagi umat Islam. Pengajaran Bahasa Arab ini sebenarnya telah menjadi kurikulum yang diajarkan di sekolahsekolah yang berada di bawah naungan Departemen Agama atau sekolah swasta Islam yang memberikan pelajaran Bahasa Arab. Akan tetapi, yang masih sering menjadi problem adalah hasil atau kualitas Bahasa Arab siswa masih perlu dipertanyakan. Pengajaran Bahasa Arab tidak dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal jika tanpa adanya persiapan atau perencanaan yang tersusun secara sistematis. Di samping perencanaan, faktor yang memegang peranan penting bagi keberhasilan pengajaran adalah proses pelaksanaan pengajaran. Skripsi ini mengkaji tentang bagaimanakah proses perencanaan dan pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab pada Kelas II di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II, dan bagaimana teknik evalusi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan Bahasa Arab siswa Kelas II di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisa data dilakukan menggunakan metode analisa data kualitatif, yaitu metode untuk member analisa terhadap data-data yang bersifat uraian yang akhirnya ditarik kesimpulan, dan analisa data kuantitatif, yaitu metode analisis statistik guna menganalisa data yang berwujud angkaangka. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan antara lain: 1) Proses perencanaan yang dilakukan oleh guru Bahasa Arab Kelas II telah mengikuti langkah-langkah perencanaan yang baik, yaitu merencanakan materi, memilih metode dan alat peraga yang digunakan dan melakukan evaluasi. 2) Pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab di Kelas II MAN Yogyakarta II terbagi dalam tiga tahap, yaitu a) tahap pendahuluan di mana guru mananyakan kehadiran para siswa, mengoreksi PR dan bertanya tentang pelajaran kemarin, b) tahap inti dimana guru menyampaikan materi hiwar dan qira’at dengan metode membaca dan materi qawa’id dengan metode grammar deduktif dan, c) tahap tindak lanjut dengan mengadakan perbaikan atau menerangkan kembali materi yang belum dimengerti oleh siswa. 3) teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dengan menggunakan bentuk tes tertulis baik tes subyektif maupun tes obyektif, tes lesan dan tes perbuatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kata kunci: pengajaran dan pembelajaran Bahasa Arab, MAN 2 Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 May 2014 08:44
Last Modified: 18 Apr 2017 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum