PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN UNTUK AKTUALISASI DIRI (STUDI TENTANG PELATIHAN KADER DASAR PMII RAYON FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2012 SEBAGAI BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK)

IBNU MUHHARROM, NIM. 06220010 (2013) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN UNTUK AKTUALISASI DIRI (STUDI TENTANG PELATIHAN KADER DASAR PMII RAYON FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2012 SEBAGAI BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN UNTUK AKTUALISASI DIRI (STUDI TENTANG PELATIHAN KADER DASAR PMII RAYON FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2012 SEBAGAI BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN UNTUK AKTUALISASI DIRI (STUDI TENTANG PELATIHAN KADER DASAR PMII RAYON FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2012 SEBAGAI BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini akan menjawab tentang bagaimana konsep pembentukan kepribadian untuk aktualisasi diri dalam Pelatihan Kader Dasar (PKD) yang dilakukan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga tahun 2012, karena diketahui bahwa proses aktualisasi diri dibutuhkan kepribadian yang kuat dalam setiap individu manusia. Termasuk di dalamnya adalah pembentukan kepribadian yang utuh. Seperti halnya dalam istilah ilmu psikologi yang menyebutkan tentang aktualisasi diri merupakan proses tranformasi individu dalam kehidupan di masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan reorientasi tentang bagaimana pemahaman individu tentang pribadi itu sendiri, seperti halnya dalam prosesi Pelatihan Kader Dasar (PKD). Penelitian ini jika dilihat dari jenisnya merupakan Field Research (Penelitian Lapangan) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum konsep pelaksanaan PKD PMII Rayon Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2012 ada empat target empirik yang ingin di capai, yakni targetan bagi kader dalam aspek religiusitas, aspek intelektual, aspek moral (akhlakul karimah) dan aspek mental. Dari keempat aspek tersebut dilaksanakan dengan capaian pada tingkat kognitif, apektif dan psikomotorik kader atau anggota baru. Adapun beberapa tahap dalam proses PKD untuk mencapai target tersebut adalah adanya proses tata tertib, pemahaman materi, brainstorming, pembaiatan, dan aktualisasi awal yakni dengan melakukan bakti sosial pada masyarakat setempat, yang dilakukan di Kepuhan Sedayu Kabupaten Bantul. Dengan melihat target kualitatif dan kuantitatif dari perkembangan kader dalam mengaktualisasikan dirinya, pengurus PMII Rayon Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2012 langkah yang dilakukan yang pertama kali adalah menerjunkan kader baru untuk paham tentang realitas sosial lingkungan sosial. Sebab mahasiswa mempunyai peran dan fungsi sebagai agent social of control dan agent social of change. Kata Kunci: Kepribadian, Aktualisasi Diri dan Pelatihan Kader Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. Moch Nur Ichwan, MA
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Aktualisasi Diri dan Pelatihan Kader Dasar.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 10:52
Last Modified: 04 Nov 2015 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum