PERAN PENASEHAT BP4 DALAM MEMPERSIAPKAN MENTAL CALON PASANGAN SUAMI ISTRI (STUDI KASUS TERHADAP PENASEHATAN SUSCATIN DI BP4 NGAGLIK)

M. RIF’AL MUNA FAHMI, NIM: 09220070 (2013) PERAN PENASEHAT BP4 DALAM MEMPERSIAPKAN MENTAL CALON PASANGAN SUAMI ISTRI (STUDI KASUS TERHADAP PENASEHATAN SUSCATIN DI BP4 NGAGLIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENASEHAT BP4 DALAM MEMPERSIAPKAN MENTAL CALON PASANGAN SUAMI ISTRI (STUDI KASUS TERHADAP PENASEHATAN SUSCATIN DI BP4 NGAGLIK))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENASEHAT BP4 DALAM MEMPERSIAPKAN MENTAL CALON PASANGAN SUAMI ISTRI (STUDI KASUS TERHADAP PENASEHATAN SUSCATIN DI BP4 NGAGLIK))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan jalan perkawinan yang sah, maka pergaulan laki-laki dan perempuan menjadi sah dengan kedudukan manusia sebagi suami dan istri dengan menanamkan rasa kasih sayang akan menghiasi kehidupan yang bahagia dan harmonis. Namun sering kali apa yang menjadikan tujuan perkawinan tidak terlaksanakan, banyaknya terjadi permasalahan, ketidakserasian dan ketidakcocokan kerena memang calon pasutri yang akan melaksanakan pernikahan belum mempunyai kesiapan mental yang matang. BP4 kecamatan Ngaglik merupakan badan penasehatan pernikahan yang berdiri dibawah naungan Kantor Urusan Agama Kecamatan Ngaglik, badan tersebut merupakan satu-satunya badan yang berusaha dalam bidang penasehatan perkawinan dalam rangka menunjang tugas Kementrian Agama dibidang bimbingan masyarakat Islam. Peran BP4 sangat penting yaitu BP4 memiliki tugas memberikan penasehatan kepada calon pasutri sebelum melaksanakan pernikahan guna untuk membina pasutri dalam memepersiapkan mental menghadapi bahtera kehidupan rumah tangga agar terciptanya keluarga yang sakinah, mawadah warahmah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pelaksanaan penasehatan suscatin di BP4 Ngaglik dan peran-peran yang dilakukan oleh penasehat BP4 Ngaglik dalam memberikan penasehatan kepada calon pasutri dalam mempersiapkan mentalnya. Penelitaian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi, dokumentasi dan wawancara yang dapat menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pegawai, penasehat BP4 Ngaglik. Hasil penelian ini dapat disimpulkan yakni peran BP4 Ngaglik berperan positif dalam melaksanakan tugas-tugasnya dilihat dari pelaksanaan penasehatan suscatin yang berjalan dengan baik dan sistematis, serta penasehat BP Ngaglik dalam memberikan nasihat kepada pasutri memeiliki peran sebagai motivator, fasilitator, mediator dan peran sebagai guru, bahwa penasehat BP4 Ngaglik dalam memberikan nasihat dilakukan secara ahli dan professional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurul Hak, S. Ag., M. Hum.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 10:52
Last Modified: 04 Nov 2015 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum