HUBUNGAN MENONTON FILM ASA-ISME TERHADAP KESADARAN BERTOLERANSI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

VEDY SANTOSO, NIM 09210015 (2013) HUBUNGAN MENONTON FILM ASA-ISME TERHADAP KESADARAN BERTOLERANSI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MENONTON FILM ASA-ISME TERHADAP KESADARAN BERTOLERANSI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MENONTON FILM ASA-ISME TERHADAP KESADARAN BERTOLERANSI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

Fenomena komunikasi massa menggunakan media film berhasil menggeser budaya membaca menjadi budaya menonton dimasyarakat. Hal ini disebabkan karena film dapat membuat orang tertahan secara lebih intens, setidaknya saat mereka menontonnya, dibandingkan dengan medium lainnya. Saat seseorang sedang menonton film sebenarnya telah terjadi proses komunikasi, dimana pembuat film yang bertindak sebagai komunikator telah mendesain pesan yang ingin disampaikan pada penonton sebagai komunikan. Pesan-pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah film kemudian dikemas dalam bahasa gambar yang terdiri dari rekaan adegan, anggle kamera, dialog dan ilustrasi musik. Berdasarkan fenomena inilah kemudian penelitian ini bermaksud menyelidiki hubungan sebab-akibat dari kegiatan menonton film. Efektivitas media atau pesan dalam film merupakan salah satu aspek dari kajian komunikasi. Sebagaimana teori model penelitian jarum hipodermik, yang bertitik tolak dari anggapan dasar bahwa komponen komunikasi menimbulkan efek pada diri komunikan. Berkaitan dengan penelitian ini maka variabel-variabel dalam penelitian ini intensitas menonton film Asa-Isme dan pemahaman mahasiswa fakutas Dakwah dan komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tentang sikap bertoleransi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi- Eksperimental. Metode kuasi-eksperimental merupakan metode penelitian semi eksperimental yang memiliki kendala dalam mengelompokan responden sesuai dengan kehendak peneliti. Dengan kriteria responden yang telah ditentukan penulis mendapatkan 95 orang responden. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan ditemukan nilai korelasi Kendall’s tau-b hitung adalah sebesar 0,264. Setelah diinterpresentasikan dengan nilai korelasi Kendall’s tau-b tabel dengan signifikansi 0,05 sebesar 0,147, maka koefisien korelasi Kendall’s hitung > koefisien korelasi Kendall’s tabel, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas menonton film Asa-Isme terhadap sikap bertoleransi mahasiswa fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: toleransi, asaisme
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 07:33
Last Modified: 16 Oct 2015 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12417

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum