RELASI SOSIAL DUKUH DAN MASYARAKAT PADUKUHAN SOROWAJAN, KELURAHAN BANGUNTAPAN, KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA

MOHAMMAD ADHI SATRIA , NIM. 09720013 (2013) RELASI SOSIAL DUKUH DAN MASYARAKAT PADUKUHAN SOROWAJAN, KELURAHAN BANGUNTAPAN, KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RELASI SOSIAL DUKUH DAN MASYARAKAT PADUKUHAN SOROWAJAN, KELURAHAN BANGUNTAPAN, KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text (RELASI SOSIAL DUKUH DAN MASYARAKAT PADUKUHAN SOROWAJAN, KELURAHAN BANGUNTAPAN, KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat di Padukuhan Sorowajan, Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul terdiri dari beragam komposisi agama. Namun justru masyarakat Padukuhan Sorowajan tidak menciptakan agama mayor dan agama minor pada kehidupan sosial mereka. Keragaman tadi tidak lantas membuat mereka selalu berkonflik. Justru perbedaan tadi telah dilebur dalam interaksi sosial masyarakat Padukuhan Sorowajan. Pemimpin yang mereka sebut sebagai dukuh memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga masyarakatnya dari konflik agama. Relasi pemimpin dan rakyat yang harmonis berpotensi pada terjaga dan terbangunnya kerukunan agama di antara mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskritifkualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dari lapangan dilakukan dengan penyajian data, sinkronisasi data dengan teori dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan dari Max Weber. Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui peran pemimpin (dukuh, red) dan masyarakat Padukuhan Sorowajan dalam menghindari konflik dan melestarikan kerukunan.. Pada penelitian ini ditemukan bahwa reelasi sosila dukuh dan masyarakat Padukuhan Sosrowajan mempengaruhi secara langsung kerukunan umat bergama di dalamnya. Selain itu, kerukunan umat beragama masyarakat Padukuhan Sorowajan juga dipengaruhi oleh tradisionalitas budaya warga. Hubungan pemimpin dengan warga Padukuhan Sorowajan adalah hasil representasi budaya Jawa dalam interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muryanti, M.A
Uncontrolled Keywords: Key words: Multikultur, kepemimpinan, tradisonalitas budaya dan kerukunan umat beragama.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2014 10:11
Last Modified: 25 Jul 2022 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum