TA'LIM AL NAHW BI KITAB MATAN AL AJRUMIYYAH ALLADHI WADA'AHU AL SHAYKH MUHAMMAD SONHAJI (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU MAWAD WA WA TARIQATU TA'LIMIHI )

ANDI HOLILULLAH, NIM. 10420031 (2013) TA'LIM AL NAHW BI KITAB MATAN AL AJRUMIYYAH ALLADHI WADA'AHU AL SHAYKH MUHAMMAD SONHAJI (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU MAWAD WA WA TARIQATU TA'LIMIHI ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TA'LIM AL NAHW BI KITAB MATAN AL AJRUMIYYAH ALLADHI WADA'AHU AL SHAYKH MUHAMMAD SONHAJI (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU MAWAD WA WA TARIQATU TA'LIMIHI ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TA'LIM AL NAHW BI KITAB MATAN AL AJRUMIYYAH ALLADHI WADA'AHU AL SHAYKH MUHAMMAD SONHAJI (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU MAWAD WA WA TARIQATU TA'LIMIHI ))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan kandungan materi yang ada dalam kitab Al-Ãjurumiyah secara metode pembelajaran yang di tawarkan dalam kitab Al-Ājurumiyah dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru bagi semua pihak yang mempelajari kitab tata bahasa Arab pada umumnya, dan khusus nya bagi mereka yang mengkaji tata bahasa Arab dengan menggunakan kitab matan Al-Ājurumiyah. Jenis penelitian ini adalah Library research (penelitian kepustakaan), dengan menggunakan dua sumber data yaitu kitab matan Al-Ājurumiyah, Al-kawākib ad-durriyah dan kitab Syarhu Al-Ājurumiyah fi ‘ilmi Al—arobiyah sebagai sumber data primer, serta kitab Ad-duraru al-makiyyah fi tahdzibi matni Al-Ājurumiyah karya prof. DR Muhammad bin Ahmad Ali bin Jabir dan karya lain yang relevan dengan pembahasan skripsi ini. Metode analasis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cakupan materi dalam kitab Al-Ājurumiyah yaitu Kalām, I’rab, tanda-tanda I’rab, Fi’il-fi’il, isim-isim yang dirofa’kan, fail, nāibul fā’il, mubtada dan khaba, amil-amil yang masuk mubtada dan khabar, na’at, isim ma’rifat, isim nakiroh, athaf, taukid, badal, isim-isim yang dinashabkan, maf’ul bih, mashdar, dzhorof zaman dan dzharof makan, Hāl, tamyiz, ististna, Lā, munādā, maf’ul min ajlih, maf’ul ma’ah، isim-isim yang dijarkan, seluruhnya sudah sesuai bagi para pemula. Adapun metode yang bisa diterapkan yaitu metode Deduktif (At-ţhoriqoh Al- Qiyāsiyah), metode Induktif (At-ţhariqoh al-istiqrāiyah) dan metode Campuran ( At-ţhariqoh al-mu’ādalah) dan yang paling sesuai dengan maksud isi kitab adalah metode deduktif (Atţhariqoh al-qiyāsiyah) yaitu model pelajaran dengan menyajikan materi dari hal-hal umum sampai pada yang khusus. Kata kunci : Matan Jurumiyyah, Analisis Konten, dan Metode Pembelajaran Nahwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. Adzfar Ammar, MA
Uncontrolled Keywords: Matan Jurumiyyah, Analisis Konten, dan Metode Pembelajaran Nahwu.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 May 2014 07:53
Last Modified: 18 Apr 2017 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum