Mushkilat ta'lim maharat al kalam fi al madrathah al thanawiyyah al islamiyyah al hukumiyyah al thaniyyah Wates Kulonprogo

DHOHIR SUBAGYO, NIM. 09420042 (2013) Mushkilat ta'lim maharat al kalam fi al madrathah al thanawiyyah al islamiyyah al hukumiyyah al thaniyyah Wates Kulonprogo. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Mushkilat ta'lim maharat al kalam fi al madrathah al thanawiyyah al islamiyyah al hukumiyyah al thaniyyah Wates Kulonprogo )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Mushkilat ta'lim maharat al kalam fi al madrathah al thanawiyyah al islamiyyah al hukumiyyah al thaniyyah Wates Kulonprogo )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB)

Abstract

Penelitian Pengembangan Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Proses Pembelajaran Kalam Di Kelas XI IPA 1 MAN 2 Wates Kulonprogo, Mengetahui Problematika Non Linguistic Pembelajaran Kalam Bahasa Arab Kelas XI IPA 1 MAN 2 Wates Kulonprogo dan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran atau subjek penelitian yang selanjutnya disebut informen atau responden. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peniliti yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa arab yang dilakukan oleh guru bahasa arab kelas XI IPA 1 MAN 2 Wates berjalan lancer meskipun masih terdapat beberapa kendala. Adapun problematika yang dihadapi dalam pengajaran maharah kalam di MAN 2 wates kulon progo dari pembelajaran yang belum tercapai, segi non linguistik adalah: seperti tujuan terbatasnya waktu pembelajaran, terbatasnya media pembelajaran dan fasilitas yang disediakan sekolah belum memadai, metode pembelajaran yang monoton dan lain-lain serta Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika non Linguistik dalam pelajaran kalam bahasa Arab diantaranya pihak madrasah telah menyiapkan boarding school untuk para siswa, mengadakan tadarus sebelum jam pelajaran pertama, guru mengikuti kegiatan MGMP, lebih mempersiapkan diri dalam pembelajaran dengan metode yang baik, dan Memberikan tugas tambahan, mengubah persepsi yang keliru tentang bahasa Arab. Kata kunci : Problematika, Maharah Kalam, dan solusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Problematika, Maharah Kalam, dan solusi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 May 2014 15:24
Last Modified: 20 Apr 2017 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum