IMPLEMENTASI METODE TARJAMAH DENGAN KITAB TAMYIZ DI KELAS XI IPA DAN XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI PEMALANG TAHUN AJARAN 2013/2014

ELSA DANY MAULIDA , NIM. 10420052 (2014) IMPLEMENTASI METODE TARJAMAH DENGAN KITAB TAMYIZ DI KELAS XI IPA DAN XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI PEMALANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI METODE TARJAMAH DENGAN KITAB TAMYIZ DI KELAS XI IPA DAN XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI PEMALANG TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI METODE TARJAMAH DENGAN KITAB TAMYIZ DI KELAS XI IPA DAN XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI PEMALANG TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah sulitnya menerjemahkan teks Arab karena minimnya penguasaan kaidah nahwu-shorof yang dialami oleh peserta didik di kelas XI IPA dan XI IPS MAN Pemalang. Hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran bahasa Arab yang kurang efektif. Oleh karena itu, dalam mengatasi problematika tersebut guru bahasa Arab berupaya menerapkan metode tarjamah baru yang dirintis oleh para pembina pondok pesantren Bayt Tamyiz Indramayu yang diberi nama Kitab Tamyiz. Kitab tersebut hadir untuk menjadi sebuah metode baru dalam pembelajaran tarjamah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pembelajaran tarjamah, kelebihan dan kekurangan, serta hasil pembelajaran tarjamah dengan kitab Tamyiz di kelas XI IPA dan XI IPS MAN Pemalang. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca yang mengalami problematika serupa. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA dan XI IPS MAN Pemalang tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini yang pertama adalah proses pembelajaran tarjamah dengan kitab Tamyiz dapat berjalan dengan baik dan mampu mengatasi problematika yang dihadapi. Langkah-langkah pembelajarannya dengan memadukan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat di dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan kitab Tamyiz tersebut. Kemudian yang kedua, kelebihan kitab Tamyiz dalam pembelajaran tarjamah di kelas XI IPA dan XI IPS MAN Pemalang adalah metodenya menyenangkan, materinya mudah dihafal, dan contoh diambilkan langsung dari al-Qur‟an, serta guru bahasa Arab bersikap terbuka dengan kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Sementara kekurangan pembelajaran tarjamah dengan kitab Tamyiz di kelas XI IPA dan XI IPS MAN Pemalang adalah waktu pembelajaran di madrasah yang terbatas, tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, dan tidak semua peserta didik memiliki materi. Kemudian, yang terakhir yaitu penelitian berdasarkan evaluasi yang dilakukan, implementasi kitab Tamyiz dalam pembelajaran tarjamah di kelas XI IPA dan XI IPS MAN Pemalang sudah menunjukkan hasil yang memuaskan, karena peserta didik dapat menguasai materi dengan maksimal, ditandai dengan pencapaian nilai pada saat ujian telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Radjasa Mu‟tasim, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tamyiz Metode Tarjamah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 May 2014 13:16
Last Modified: 05 May 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum