KORELASI PENGHAYATAN ASMAUL HUSNA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

ABDUR ROUF , NIM. 10410040 (2014) KORELASI PENGHAYATAN ASMAUL HUSNA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI PENGHAYATAN ASMAUL HUSNA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PENGHAYATAN ASMAUL HUSNA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABDUR ROUF. Korelasi Penghayatan Asmaul Husna dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XI MAN Wonokromo Bantu! Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Y ogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah maraknya pelanggaran norma-norma agama dan budaya yang justru banyak dilakukan oleh kaum terpelajar, hal ini terjadi karena kurangnya implementasi sebuah teori pelajaran dan rendahnya tingkat spiritualitas siswa. Sehingga perlu adanya upaya utuk meningkatkan kecerdasan spiritual. Salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan spiritual adalah dengan mengkaji dan menghayati asmaul husna. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang adatidaknya korelasi antara penghayatan asmaul husna dengan kecerdasan spiritual. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana tingkat penghayatan asmaul husna siswa dan tingkat kecerdasan spiritual siswa, kemudian adakah korelasinya antara penghayatan asmaul husna dengan kecerdasan spiritual siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan yang signifikan antara penghayatan asmaul husna dengan kecerdasan spiritual siswa kelas XI :tvfAN Wonokromo Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 202 siswa. Pengambilan sam pel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan model proportionate stratified random sampling. Ukuran sampel diambil 28% dari populasi berdasarkan ketentuan Suharsimi Arikunto sehingga jumlah sampelnya 56 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari uji validitas angket penghayatan asmaul husna dari 30 butir soal terdapat 25 butir soal dinyatakan valid dan angket kecerdasan spiritual dari 30 butir soal terdapat 28 butir dinyatakan valid. Kemudian uji reliabilitas kedua angket penelitian tersebut adalah 0.875 dan 0.900 sehingga kedua angket tersebut dinyatakan reliabel. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat penghayatan asmaul husna siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantu} termasuk dalam kategori sedang dengan frekwensi 26 siswa atau 46.43%; 2) tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantu! termasuk dalam kategori sedang dengan frekwensi 23 siswa atau 41.07%; 3) terdapat korelasi yang positif dan signiflkan baik dalam taraf signiftk:asi 5% maupun 1% antara penghayatan asmaul husna dengan kecerdasan spiritual siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul ditujukan dengan nilai Rxy = 0.777 dan termasuk dalam kategori kuat dengan persentase 60.34%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radino, MAg
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Korelasi, Penghayatan Asmaul Husna, Kecerdasan Spiritual.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 May 2014 13:31
Last Modified: 02 Aug 2017 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum