EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI BELAJAR ZOLTAN PAUL DIENES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP (PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN)

SITI ATIQOH , NIM. 09600043 (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI BELAJAR ZOLTAN PAUL DIENES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP (PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI BELAJAR ZOLTAN PAUL DIENES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP (PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI BELAJAR ZOLTAN PAUL DIENES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP (PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan teori belajar Zoltan Paul Dienes lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep teorema Pythagoras siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa penggunaan teori belajar Zoltan Paul Dienes, dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya berupa pemahaman konsep teorema Pythagoras. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta 2013/2014 sebanyak 204 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah deskriptif statistik menggunakan uji T Dua Sampel Independen dan uji Mann-Whitney U dengan bantuan SPSS, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas variansi. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Mann-Whitney U terhadap skor N-Gain tes pemahaman konsep teorema Pythagoras diperoleh nilai sig (1- tailed) adalah 0,039, maka H0 ditolak, artinya rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata skor N-Gain kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan teori belajar Zoltan Paul Dienes lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari pemahaman konsep teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Teori Belajar Zoltan Paul Dienes, Pemahaman Konsep, Teorema Pythagoras.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 May 2014 14:17
Last Modified: 27 Jan 2016 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum