PERAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL 'ABIDIN SURAKARTA

ROSIDUL ANWAR, NIM. 9747 3575 (2003) PERAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL 'ABIDIN SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL 'ABIDIN SURAKARTA)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL 'ABIDIN SURAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Peran Kurikulum Pendidikan Islam dalam Pembentukan Kepribadian Muslim di Pondok Pesantren Teknologi AI- 'Abidin Surakarta" yang ditulis oleh Rosidul Anwar ini telah terselesaikan dengan baik. Adapun hasil rangkuman dari penulisan ini adalah sebagi berikut: Bahwa tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan kurikulum pendidikan Islam yang diterapkan di Pondok Pesantren tersebut dalam penbentukan kepribadian Muslim bagi santri-santrinya. Lain dari pada itu adalah untuk mengetahui secara langsung faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat, sehingga nantinya bisa di analisa dan diketahui keberhasilan yang dapat dicapai dari upaya yang ditempuh melalui kurikulum pendidikan yang diterapkan. Untuk lebih jelasnya mengenai hasil penelitian ini adalah: bahwa didalam membentuk kepribadia muslim bagi santri-santri di Pondok Pesantren tersebut yaitu dengan menerapkan dua model kurikulum yakni kurikulum Madrasah Aliah dari Departemen Agama RI dan kurikulum Pondok Pesantren. Kurikulum Departemen Agama RI diterapkan karena Pondok Pesantren tersebut memiliki Madrasah Aliah didalamnya. Kurikulum Pesantren dengan metode sorogan dan bandongan diterapkan karena sebagai ciri khas dari kepesantrenannya. Didalam kurikulum tersebut menjadi perioritas dan diutamakan adalah menjadikan santri yang beriman, bertakwa, gemar beribadah, berakhlak mulia, sehat jasmani, rohani dan akal serta bertafakkuh fid Dien dengan melalui berbagai macam materi pelajaran dan kegiatan penunjangnya. Sementara untuk melengkapi kemahiran dalam bidang ketrampilan Pondok Pesantren ini membekali santri-santrinya dengan berbagai macam kemahim teknologi modem tetapan yang tepat guna, ketrampilan tersebut antara lain: otomotif, las listrik dan karbit, pembuatan susu kedelai, pembuatan es balok, pembuatan spring bed dan jas hujan dan pelatihanpelatihan wirausaha secara rutin. Untuk menjadikan pribadi muslim yang sempuma maka sangat ditekankan kepada santri untuk selalu memperhatikan urusan dunia dan akherat serta bertafakkuh fid Dien sehingga tercapai kebahagiaan dunia dan akherat. Di dalam pelaksanaan kurikulum pendidikannya Pondok Pesantren ini tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor-faktor pendukung antara lain: minat santri yang kuat untuk mempelajari dan memperdalam agama Ialam, adanya pengasuh dan pendidik yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap materi-materi pendidikan yang disampaikan, lingkungan pondok yang kondusif dan faktor finansial yang mendukung. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penghambat antara lain: terbatasnya fasilitas pendidikan, terbatasnya kebutuhan finansial dari yayasan , kurangnya dukungan biaya dari orang tua atau wali santri. Dengan demikian upaya Pondok Pesantren Teknologi AI-' Abidin Surakarta dalam membentuk santri-santrinya menjadi pribadi muslim yang sempuma melalui kurikulum pendidikan Islam telah berjalan dengan baik walaupun masih ada faktor-faktor yang menjadi penghambatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Abdurrohman Assegaf, MAg
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 May 2014 08:56
Last Modified: 10 Mar 2017 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum