EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 02 MAYONG JEPARA

Raudlotun Nikmah, NIM.: 03450477 (2008) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 02 MAYONG JEPARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 02 MAYONG JEPARA)
03450477_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 02 MAYONG JEPARA)
03450477_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan kualitas pembelajaran IPA Biologi dan prestasi belajar siswa di kelas VB SDN 02 Mayong Jepara. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah alat pencernaan pada manusia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan penggunaan pendekatan konstruktivisme dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan rancangan model siklus dari Kemmis dan Taggart (1988) melalui empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi serta menggunakan pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB di SDN 02 Mayong Jepara yang terdiri dari 35 siswa pada pembelajaran IPA Biologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme berhasil mewujudkan tujuan penelitian. Keberhasilannya dinyatakan atas dasar kesimpulan bahwa pendekatan konstruktivisme memberikan dampak instruksional berupa: (1) peningkatan kualitas pembelajaran IPA Biologi hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan aktifitas siswa dalam kegiatan kelas. Antara lain keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan guru, mengungkapkan pendapat serta bekerjasama dalam berdiskusi dan presentasi; (2) peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil post-tes pada siklus I yaitu sebesar 7,3 dan post-tes pada siklus II sebesar 8,4 hal ini berarti pada siklus II prestasi belajar siswa mengalami peningkatan rata- rata dari siklus I sebesar 1,1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Ir. Ciptono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivisme, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:48
Last Modified: 14 Oct 2024 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum