PERBANDINGAN ANTARA METODE GAUSSJOR DAN KAIDAH CRAMER DALAM PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINIER SERTA PENINJAUAN TERHADAP PERANAN AL KARAJI DIBIDANG ALJABAR

FITRI DAMAYANTI, NIM. 98433997 (2003) PERBANDINGAN ANTARA METODE GAUSSJOR DAN KAIDAH CRAMER DALAM PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINIER SERTA PENINJAUAN TERHADAP PERANAN AL KARAJI DIBIDANG ALJABAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN ANTARA METODE GAUSSJOR DAN DAN KAIDAH CRAMER DALAM PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINIER SERTA PENINJAUAN TERHADAP PERANAN AL KARAJI DIBIDANG ALJABAR)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (947kB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN ANTARA METODE GAUSSJOR DAN DAN KAIDAH CRAMER DALAM PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINIER SERTA PENINJAUAN TERHADAP PERANAN AL KARAJI DIBIDANG ALJABAR)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan sangat cepat perkembangannya dan saling keterkaittan antar bidang satu dengan bidang yang lainnya. Bahkan kerja dalam bidang social yang kuantitatif dapat ditunjang oleh matematika dengan alat-alatnya. Sistem persamaan linier termasuk satu diantara alat-alat matematika yang digunakan dalam banyak bidang terapan yang menarik dengan penerapan yang dapat dimengerti. Penelitian ini membahas tentang perbandingan anatara metode Gaus Jordan dan Kaidah Cramer dalam penyelesaian system persamaan liniear serta penijauan terhadap peranan al Karaji dibidang Aljabar. Penelitian ini dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode studi pustaka yakni mempelajari literature-literatur yang berhubungan dengan cara penyelesaian system persamaan linear. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa dalam menyelesaiakan system persamaan linear metode Gauss-Jordan mempunyai jumlah operasi aritmatika yang lebih sedikit dibandingkan dengan kaidah Cramer. Dengan kata lain metode Gauus-Jordan secara umum lebih efisien dalam melakukan system persamaan linier. Sedangkan peranan al Karaji dalam bidang Aljabar antara lain adalah beliau menyumbangkan karya tentang aljabar yang berjudul al Fakhri fi al Jabr wa Muqabalah dan al Badi fi al Hisab dan menyumbangkan suatu metode untuk menyelesaiakan persamaan berderajat tiga. Kata kunci: Al Karaji, persamaan linier, metode Gauss-Jordan, kaidah Cramer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Talib Hashim Hasan, B.Sc., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Al Karaji, persamaan linier, metode Gauss-Jordan, kaidah Cramer
Subjects: Pendidikan Matematika
Tadris
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 May 2014 09:56
Last Modified: 11 Dec 2023 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum