PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB DI MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

SITI MAGHFIROH , NIM. 98423773 (2003) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB DI MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB DI MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB DI MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelajaran bahasa Arab diajarkan di Madrasah berfungsi sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan disamping sebagai alat komunikasi, oleh karena itu pelajaan bahasa Arab di MTs merupakan bagian mata pelajaran yang tidak terpisahkan dengan mata pelajaran agama Islam sebagai suatu keseluruhan. Kemampuan berbahasa Arab adalah kemampuan berkomunikasi baik secara lisan yaitu berbicara dengan orang lain maupun secara tulisan. Kemampuan berbahasa pasif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan kemampuan untuk memahami bacaan. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab memang sangat penting karena dapat membantu siswa dalam memahami sumber ajaran Islam yaitu al Qur’an dan hadist serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkaitan dengan Islam. Untuk meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an dan membaca teks Arab serta memahaminya MTs laboratorium fakultar Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan rutin pembacaan al Qur’an pada pelajaran pertama di masing-masing kelas. Peneliti tertarik untuk meneliti sejauhmana kemampuan siswa dalam membaca al Qur’an dan teks Arab dan apakah kemampuan membaca al Qur’an berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam membaca teks Arab?unan Kalijaga. Dalam pengumpulkan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kemampuan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri laboratorium fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga memiliki kemampuan membaca al Qur’an dan teks Arab yang baik dan terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan siswa dalam membaca al Qur’an dan kemampuan dalam membaca teks Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca, teks Arab, membaca al Qur'an
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 May 2014 13:10
Last Modified: 25 Jan 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12585

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum