KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SLTPN 28 WARENG BUTUH PURWOREJO

NI’MAH ARINI HIMAWATI, NIM.: 99414559 (2003) KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SLTPN 28 WARENG BUTUH PURWOREJO. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SLTPN 28 WARENG BUTUH PURWOREJO)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SLTPN 28 WARENG BUTUH PURWOREJO)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan proses belajar mengajar bidang studi pendidikan agama Islam di SLTPN 28 Wareg Butuh Purworejo belum sepenuhnya memenuhi harapan sebagaimana target yang diharapkan dalam mempelajari pendidikan agama Islam yaitu penguasaan materi Ibadah, al Qur’an, Akhlak, Muamalat dan Syariah. Kebanyakan siswa SLTPN 28 Wareng Butuh Purworejo masih kesulitan dalam mengerjakan soal-soal test, belum lancer membaca al Qur’an, dan belum bisa mengaplikasikan dalam kehidupannya sesuai dengan ajaran agama, sehingga hasil nilai belajar rendah. Dengan kenyataan tersebut maka bimbingan dan penyuluhan di sekolah diperlukan, akan tetapi guru BK tidak dapat berjalan sendiri sehingga diperlukan kerjasama dengan guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kesulitan belajar bidang studi pendidikan agama Islam juga bagaimana usaha guru BK dan guru pendidikan agama Islam dalam membina kesulitan belajar bidang studi pendidikan Islam dan bagaimana bentuk kerjasamanaya. Penelitian ini dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode observasi, intervie, dokumentasi dan angket. Penelitian ini menyimpulkan bahwa factor yang mempengaruhi kesulitan belajar bidang studi pendididikan agama Islam dari factor siswa adalah kurangnya pemahaman mengenai bahasa Arab, kurangnya minat untuk belajar bidang studi pendidikan agama Islam dan kurang perhatian terhadap pendidikan agama Islam. Dari factor guru adalah kurangnya pengetahuan guru tentang metode yang sesuai dengan materi, kurang aktif dalam menjajaki kemampuan siswa. Dari factor lingkungan adalam minimnya bantuan dalam memecahkan kesulitan belajar pendidikan agama Islam, sedangkan dari factor materi adalah kurangnya waktu proses belajar dan banyaknya materi yang harus diselesaikan atau dipelajari. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut bagi siswa yang merasa kesulitan belajar dengan menayakan langsung kepada guru, teman, dan sebagian yang lain mencari buku. Bagi guru Bimbingan dan Konseling derngan cara mengidentifikasi masalah, mendianogsa, memprognosa, memberikan bimbingan dan konseling serta mengevaluasi, sedangkan bagi guru pendidikan agama Islam dengan membina langsung baik dalam waktu belajar maupun dalam kegiatan ekstrakurikuler. Hubungan kerja sama yang dilakukan antara guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama Islam adalah mengadakan rapat rutin yang dilakukan setiap hari jum’at, berkunjung kerumah siswa yang bermasalah, hubungan formal maupun informal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Tasman Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; kesulitan belajar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 May 2014 10:27
Last Modified: 31 Jan 2023 11:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12594

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum