PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI SENTRA PRODUKSI KECIL EMPING MELINJO DI DUSUN KEPUHKULON WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL

SISKA ARFIANA, NIM. 09230021 (2013) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI SENTRA PRODUKSI KECIL EMPING MELINJO DI DUSUN KEPUHKULON WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI SENTRA PRODUKSI KECIL EMPING MELINJO DI DUSUN KEPUHKULON WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI SENTRA PRODUKSI KECIL EMPING MELINJO DI DUSUN KEPUHKULON WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (603kB)

Abstract

Kemajuan zaman menuntut masyarakat untuk lebih berkembang dan lebih kreatif dalam memenuhi kebutuhan mereka. Kreatif dalam mengembangkan skill dan memanfaatkan potensi yang ada telah dimiliki oleh masyarakat Kepuhkulon. Hal ini dibuktikan dengan dusun Kepuhkulon dijadikan sebagai dusun penghasil emping melinjo terbesar di Bantul. Di beri nama Sentra produksi kecil emping melinjo menjadi salah satu modal masyarakat Kepuhkulon memperkenalkan produknya ke masyarakat luas. Sudah bertahun-tahun masyarakat Kepuhkulon membuat emping melinjo sehingga produksinya turun temurun dari generasi kegenerasi. Hingga saat ini ada 40 produsen emping melinjo. Mereka tergabung dalam kelompok Wira Kusuma. Kelompok ini menjadi wadah atau fasilitas para produsen emping melinjo mengembangkan usahanya. Ada 25 anggota pengusaha kecil rumah tangga yang bergabung dikelompok tersebut. Melalui kelompok ini mereka mendapatkan bantuan modal dari program SPP (simpan pinjam perempuan) kecamatan setempat untuk mengembangkan usaha kecilnya. Selain itu melalui kelompok ini para pengusaha tersebut mendapatkan pelatihan manajemen produksi, pelatihan pengembangan produk, dll. Dengan begitu para pengusaha emping melinjo ini dapat memanfaatkan kelompok ini untuk memajukan usaha-usaha kecil yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sentra produksi kecil emping melinjo dan mengetahui bagaimana dampak terhadap perekonomian masyarakat Kepuhkulon melalui usaha emping melinjo tersebut. Adapun Rumusan masalahnya ada 2 yaitu: 1). Bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sentra usaha kecil emping melinjo di dusun Kepuhkulon?, 2). Bagaimana dampak sentra usaha kecil emping melinjo bagi perkembangan perekonomian masyarakat Kepuhkulon?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, Dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianya menunjukan bahwa ada tiga strategi pemberdayaan usaha kecil yaitu: mengembangkan usaha yang relevan dengan potensi ekonomi daerah, mengembangkan usaha dengan kreatif dan inovatif, menggunakan bahan baku lokal dalam prioritas usahanya. Dampak yang dirasakan masyarakat Kepuhkulon mereka sangat terbantu dengan adanya produsen-produsen emping melinjo karena bagi mereka yang tidak memiliki pendidikan tinggi dan skill apapun mereka dapat bekerja di usaha kecil tersebut. Bagi produsen sendiri mereka dapat membantu dan memperbaiki ekonomi keluarga melalui usaha ini. Kata kunci: Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil, Kelompok Wira Kusuma, Dampak Perkembangan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sriharini, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil, Kelompok Wira Kusuma, Dampak Perkembangan Ekonomi
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 May 2014 07:36
Last Modified: 17 Nov 2015 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum