LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

SITI AMINAH, NIM 09220074 (2013) LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk dan jenis layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan konsep diri positif siswa di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, beserta faktor pendukung dan penghambatnya Secara teoritis, diharapkan dapat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang BKI di Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang terkait layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan konsep diri dan secara praktis, dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan sekaligus referensi bagi pihak terkait yakni guru BK di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dalam memberikan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya dalam bimbingan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang fokus membahas sebuah fenomena dalam bimbingan pribadi. Tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan konsep diri positif serta faktor pendukung dan penghambat layanannya. Subjek penelitian adalah siswa dan guru BK di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Layanan bimbingan pribadi dalam pelaksanaannya menggunakan lima bentuk layanan yaitu layanan orientasi, penyaluran dan penempatan, informasi, bimbingan kelompok, konseling individu, dan tiga jenis kegiatan pendukungnya berupa aplikasi instrumentasi, tampilan kepustakaan dan kunjungan rumah dan faktor yang mendukung keberhasilannya meliputi adanya dukungan dari elemen sekolah, kualifikasi akademik guru BK, dan siswa sebagai konseli. Adapun faktor penghambatnya meliputi sarana dan fasilitas yang belum memenuhi syarat dan tidak adanya jam masuk kelas. 2) Konsep diri yang berhasil ditingkatkan berupa konsep diri sosial, fisik dan psikologis. Keyword : Layanan Bimbingan Pribadi, Konsep diri positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Pribadi, Konsep diri positif
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 May 2014 07:36
Last Modified: 10 Nov 2015 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12599

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum