PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI: STUDI ANALISIS-KOMPARATIF, YOGYAKARTA

DENIH MAULANA, NIM. 98474019 (2003) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI: STUDI ANALISIS-KOMPARATIF, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI: STUDI ANALISIS-KOMPARATIF, YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI: STUDI ANALISIS-KOMPARATIF, YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini pendidikan bagi orang-orang Islam khususnya di Indonesia belum bisa menjawab tantangan Barat yang serba modernis. Pentingnya untuk memanfaatkan kemerdekaan di Indonesia atas berkat para tokoh-tokoh terdahulu yaitu memperbaiki system pendidikan, khususnya bagi organisasi yang besar di Indonesia yaitu Muhammadiyah dan NU. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode analisa datanya melalui langkah deskriptif, interpretasi, komparasi, analisis, dan langkah pengambilan kesimpulan berbentuk tulisan. Persamaan pemikiran KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari yakni sama-sama mempunyai pandangan yang berorientasi pada pembaharuan pendidikan Islam. Mereka samsama menerapkan system kelas dan melarang wiridan tarekat. Untuk mengangkat derajat dan mencerdaskan umat Islam dengan bekal ilmu pengetahuan Barat dan agama sehingga tercipta ulama yang berintelektual dan intelektual yang berulama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdurrahman Assegaf, MA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pemikiran, pendidikan Islam, KH Ahmad Dahlan, KH Hasyim Asy’ari
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2014 15:56
Last Modified: 03 Mar 2017 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum